PENGARUH ESG TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN DENGAN MANAJEMEN LABA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Empiris pada Seluruh Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2021)

GABRIELA, Natasha and PRABOWO, Tri Jatmiko Wahyu,(25 September 2023), PENGARUH ESG TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN DENGAN MANAJEMEN LABA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Empiris pada Seluruh Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2021). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (75kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (51kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (52kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (62kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (205kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Dalam penelitian ini, penulis menguji pengaruh langsung kinerja ESG terhadap kinerja keuangan perusahaan serta melalui manajemen laba sebagai variabel mediasi. Penulis melaksanakan penelitian ini didasarkan oleh pertimbangan untuk menelaah faktor diluar informasi keuangan yang mampu mempengaruhi kinerja keuangan perusahaan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang melibatkan 75 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2021. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data pada penelitian ini adalah melalui studi dokumentasi serta studi pustaka. Analisis regresi dilakukan dengan software IBM SPSS 26 untuk menguji pengaruh langsung maupun tidak langsung dari ESG terhadap knerja keuangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ESG berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan. Sementara itu, manajemen laba tidak mampu memediasi hubungan antara ESG dengan kinerja keuangan. Temuan ini menunjukkan bahwa perusahaan dengan skor ESG yang tinggi cenderung memiliki kinerja keuangan yang tinggi pula.
Keywords : ESG, Earnings management, Financial performance, ESG, Manajemen laba, Kinerja keuangan
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Natasha Gabriela
Date Deposited: 21 Dec 2023 03:21
Last Modified: 21 Dec 2023 03:28
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13658

Actions (login required)

View Item
View Item