HASMORO, Alexander Dio and DARMASTUTI, Ismi,(18 December 2023), Pengaruh Citra Negara Asal Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Citra Merek (Studi Pada Konsumen Mobil Wuling di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (2MB)
Download (2MB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (3MB)
Download (3MB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (3MB)
Download (3MB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (3MB)
Download (3MB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (3MB)
Download (3MB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Penjualan industri mobil di Indonesia dapat dikatakan berkembanga pesat
pada kurun waktu terkahir. Merek mobil yang dijadikan objek dalam penelitian ini
yakni Wuling yang merupakan sebuah merek kendaraan asal Liuzhou, Guangzi,
Tiongkok. Merek ini dijalankan oleh perusahaan Liuzhou Wuling Automobile
Industry, Co., Ltd., yang merupakan sebuah perusahaan patungan oleh Wuling
Group dan Dragon Hill Holdings Limited. Penelitian ini dilakukan di Kota Semarang
yang menghasilkan pra penelitian berupa rendahnya keputusan pembelian yakni
terdapat indikasi permasalahan mengenai keputusan pembelian konsumen Wuling di
Kota Semarang dalam indikator "Kebutuhan saya terhadap mobil Wuling tinggi",
"Saya merasa jumlah produk yang dikeluarkan mobil Wuling bervarian dan memiliki
banyak tipe", dan "Saya akan membeli produk mobil Wuling lagi di kemudian hari"
yang mayoritas menyatakan "tidak".
Penelitian ini menggunakan konsumen Wuling di Kota Semarang sebagai
pipulasi penelitian, kemudian pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan
purposive sampling dan memiliki beberapa kriteria. Sampel pada penelitian ini
berjumlah 150 responden dengan kriteria pernah mengambil keputusan untuk
membeli mobil Wuling minimal 1 jenis mobil serta berdomisili di Kota Semarang.
Data yang terkumpul dianalisis menggunakan metode structural equation model
(SEM) serta diolah dengan software AMOS.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan citra negara asal berpengaruh positif
signifikan terhadap keputusan pembelian, citra merek berpengaruh positif signifikan
terhadap keputusan pembelian, serta negara asal berpengaruh positif signifikan
terhadap citra merek.
Keywords : | Country of Origin, Brand Image, Purchase Decision, Wuling, Semarang City, Citra Negara Asal, Citra Merek, Keputusan Pembelian, Wuling, Kota Semarang |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Alexander Dio Hasmoro |
Date Deposited: | 27 Dec 2023 07:41 |
Last Modified: | 27 Dec 2023 07:41 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13692 |