Pengaruh Citra Negara Asal Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Citra Merek (Studi Pada Konsumen Mobil Wuling di Kota Semarang)

HASMORO, Alexander Dio and DARMASTUTI, Ismi,(18 December 2023), Pengaruh Citra Negara Asal Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Citra Merek (Studi Pada Konsumen Mobil Wuling di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penjualan industri mobil di Indonesia dapat dikatakan berkembanga pesat pada kurun waktu terkahir. Merek mobil yang dijadikan objek dalam penelitian ini yakni Wuling yang merupakan sebuah merek kendaraan asal Liuzhou, Guangzi, Tiongkok. Merek ini dijalankan oleh perusahaan Liuzhou Wuling Automobile Industry, Co., Ltd., yang merupakan sebuah perusahaan patungan oleh Wuling Group dan Dragon Hill Holdings Limited. Penelitian ini dilakukan di Kota Semarang yang menghasilkan pra penelitian berupa rendahnya keputusan pembelian yakni terdapat indikasi permasalahan mengenai keputusan pembelian konsumen Wuling di Kota Semarang dalam indikator "Kebutuhan saya terhadap mobil Wuling tinggi", "Saya merasa jumlah produk yang dikeluarkan mobil Wuling bervarian dan memiliki banyak tipe", dan "Saya akan membeli produk mobil Wuling lagi di kemudian hari" yang mayoritas menyatakan "tidak". Penelitian ini menggunakan konsumen Wuling di Kota Semarang sebagai pipulasi penelitian, kemudian pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive sampling dan memiliki beberapa kriteria. Sampel pada penelitian ini berjumlah 150 responden dengan kriteria pernah mengambil keputusan untuk membeli mobil Wuling minimal 1 jenis mobil serta berdomisili di Kota Semarang. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan metode structural equation model (SEM) serta diolah dengan software AMOS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan citra negara asal berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian, citra merek berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian, serta negara asal berpengaruh positif signifikan terhadap citra merek.
Keywords : Country of Origin, Brand Image, Purchase Decision, Wuling, Semarang City, Citra Negara Asal, Citra Merek, Keputusan Pembelian, Wuling, Kota Semarang
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Alexander Dio Hasmoro
Date Deposited: 27 Dec 2023 07:41
Last Modified: 27 Dec 2023 07:41
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13692

Actions (login required)

View Item
View Item