PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP INDIKASI FRAUD LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BEI TAHUN 2018-2022

AWALIYAH, Nurul Qalbi and MUTMAINAH, Siti,(28 December 2023), PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP INDIKASI FRAUD LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BEI TAHUN 2018-2022. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (31kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (7kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (7kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (18kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (105kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmark] Text (Fulltext PDF Bookmark)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memeriksa pengaruh komponen intellectual capital yaitu human capital, structural capital, dan relational capital terhadap indikasi fraud laporan keuangan di perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2022. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang berasal dari Bloomberg dan laporan keuangan tahunan perusahaan. Sebanyak 30 perusahaan manufaktur terpilih menjadi sampel melalui teknik purposive sampling. Data yang dianalisis berupa data unbalanced panel sebanyak 105 laporan keuangan dari perusahaan sampel selama 5 tahun observasi. Komponen intellectual capital diukur menggunakan jumlah rupiah biaya yang dikeluarkan untuk masing-masing komponen dan indikasi fraud laporan keuangan diukur menggunakan Beneish M-Score. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis statistik deskriptif dan analisis regresi data panel. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hanya relational capital yang berpengaruh negatif terhadap indikasi fraud laporan keuangan. Human capital berpengaruh terbalik dari yang dihipotesiskan yaitu berpengaruh positif terhadap indikasi fraud laporan keuangan dan structural capital secara empiris tidak terbukti berpengaruh.
Keywords : Human Capital, Structural Capital, Relational Capital, Financial Statement Fraud., Human Capital, Structural Capital, Relational Capital, Fraud Laporan Keuangan.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Nurul Qalbi Awaliyah
Date Deposited: 28 Dec 2023 08:22
Last Modified: 28 Dec 2023 08:22
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13710

Actions (login required)

View Item
View Item