UKM GO-GLOBAL : MEMBANGUN PRO-GROWTH OPPORTUNITY EXPLOITABILITY UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN INTERNASIONAL

MUNA, Nalal and FERDINAND, Augusty Tae and SUKRESNA, I Made,(22 December 2023), UKM GO-GLOBAL : MEMBANGUN PRO-GROWTH OPPORTUNITY EXPLOITABILITY UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN INTERNASIONAL. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (108kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (80kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (125kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (71kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (710kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Modal social merupakan aset relasional dalam bisnis yang memiliki peran penting dalam mengeksplorasi berbagai informasi dan akses ke pasar dunia yang membantu usaha kecil dan menengah dalam meningkatkan kinerja pemasaran internasional. Penelitian ini berangkat dari adanya inkonsitensi hasil penelitian yang berusaha mendalami pengaruh modal social terhadap kinerja pemasaran internasional. Berakar pada Resource Advantage Theory of Competition (RAToC), penelitian ini berusaha mengeksplorasi sudut pandang baru mengenai sumberdaya dengan keunggulan komparatif yang mampu membantu perusahaan mencapai keunggulan posisional di pasar internasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah model konseptal yang diuji secara empiris guna menjadi solusi atas kesenjangan penelitian mengenai pengaruh modal social terhadap kinerja pemasaran internasional. RAToC mendasari proses sintesa teori yang mengusulkan konstruk baru yaitu Pro-growth Opportunity Exploitability sebagai variabel mediasi yang bersinergi dengan variabel lainnya yakni product authenticity, export positional advantage, dan kecepatan internasionalisasi untuk dapat meningkatkan kinerja pemasaran internasional. Penelitian cross-sectional dilakukan dengan respondennya adalah pemilik usaha/manajer usaha kecil dan menengah sektor industri kayu, furniture dan kerajinan di Jawa Tengah. Sejumlah 325 sampel diolah menggunakan Structural Equation Model dengan bantuan SPSS AMOS 23. Penelitian ini mengusulkan delapan hipotesis, lima hipotesis terdukung secara statistic sedangkan dua hipotesis lainnya tidak terdukung. Untuk pengujian hipotesis mediasi, pro-growth opportunity exploitability memiliki pengaruh mediasi dan memiliki pengaruh serial mediasi bersama dengan export positional advantage dalam menjembatani hubungan modal social dan kinerja pemasaran internasional. Hal ini memberikan penegasan bahwa perusahaan yang memiliki modal social yang kuat dan pro-growth opportunity exploitability yang baik mampu mencapai keunggulan posisional ekspor yang dapat meningkatkan kinerja pemasaran internasional. Penelitian ini memberikan penegasan pada RAToC dalam menjelaskan comparative advantages sebagai suatu proses evolusi sumberdaya yang mampu menciptakan nilai tambah dan tumbuh bagi perusahaan.
Keywords : social capital, pro-growth opportunity exploitability, international marketing performance, export positional advantage, small and medium business, modal sosial, pro-growth opportunity exploitability, kinerja pemasaran internasional, keunggulan posisi ekspor, usaha kecil dan menengah
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (PhD)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Nalal Muna
Date Deposited: 03 Jan 2024 04:24
Last Modified: 03 Jan 2024 04:38
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13750

Actions (login required)

View Item
View Item