ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELI PRODUK FESYEN BERKELANJUTAN GENERASI MILENIAL DAN Z DI PULAU JAWA

KUSUMAH, Elsya Nurfajriani and DARMASTUTI, Ismi,(30 June 2023), ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELI PRODUK FESYEN BERKELANJUTAN GENERASI MILENIAL DAN Z DI PULAU JAWA. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (35kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (7kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (7kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (298kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (264kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Konsumen telah semakin sadar tentang isu sosial dan lingkungan yang disebabkan oleh industri fesyen. Kesadaran tersebut berdampak pada meningkatnya permintaan produk fesyen berkelanjutan terutama semenjak dunia dilanda pandemi COVID-19. Tetapi penelitian mengenai perilaku konsumsi, khususnya minat beli pada produk fesyen berkelanjutan masih minim di negara berkembang, termasuk di Indonesia. Maka dari itu penelitian ini dilakukan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli produk fesyen berkelanjutan di pulau jawa, yang mana dihuni hingga 60% total populasi di Indonesia. Variabel ditentukan berlandaskan pada Theory of Planned Behavior dengan memodifikasi variabel norma subjektif menjadi modal sosial virtual dan menambahkan dua variabel lainnya, yaitu atribut fesyen konvensional, dan konsep diri berkelanjutan. Penelitian menggunakan jumlah sampel sebanyak 119 responden dari generasi milenial dan Z yang berdomisili di Pulau Jawa. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data random sampling dengan memanfaatkan kuesioner online sebagai alat pengumpulan data. Metode analisis dilakukan menggunakan SEM melalui program AMOS. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sikap berkelanjutan, modal sosial virtual, persepsi kontrol perilaku, atribut fesyen konvensional, dan konsep diri berkelanjutan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap perilaku pembelian.
Keywords : Sustainable fashion, Theory of Planned Behavior, Virtual Social Capital, Conventional Fashion Attributes, Purchase Intention., Fesyen berkelanjutan, Theory of Planned Behavior, Modal Sosial Virtual, Atribut Fesyen Konvensional, Minat Beli.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Elsya Nurfajriani Kusumah
Date Deposited: 04 Jan 2024 06:46
Last Modified: 04 Jan 2024 06:46
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13764

Actions (login required)

View Item
View Item