ANALISIS FRAUDULENT FINANCIAL REPORTING: PENDEKATAN FRAUD PENTAGON THEORY (Studi Empiris pada Perusahaan Kesehatan di Indonesia)

WELITA, Rahmatullah Yudha and JANUARTI, Indira,(27 December 2023), ANALISIS FRAUDULENT FINANCIAL REPORTING: PENDEKATAN FRAUD PENTAGON THEORY (Studi Empiris pada Perusahaan Kesehatan di Indonesia). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (113kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (11kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (11kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (71kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (151kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini meneliti faktor-faktor yang memengaruhi kecurangan laporan keuangan pada industri kesehatan di Indonesia berdasarkan fraud pentagon theory. Elemen-elemen teori pentagon mencakup tekanan, kesempatan, rasionalisasi, kompetensi dan arogansi. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari laporan tahunan dan laporan keuangan perusahaan-perusahaan di sektor kesehatan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2018-2021. Metode analisis data diuji menggunakan PLS-SEM pada Smart PLS 4. Hasil penelitian menunjukkan tekanan berpengaruh positif terhadap kecurangan laporan keuangan, kapabilitas berpengaruh negatif terhadap kecurangan laporan keuangan. Sementara itu, variabel kesempatan, rasionalisasi, dan arogansi tidak berpengaruh terhadap kecurangan laporan keuangan. Hasil dari penelitian ini dapat digunakan oleh pengguna laporan keuangan sebagai referensi dalam mendeteksi tanda-tanda kecurangan laporan keuangan. Kontribusi penelitian ini kepada para pemangku kepentingan, termasuk manajemen dan pembuat kebijakan, terletak pada deteksi penipuan sebagai salah satu pilar dari strategi anti-fraud menggunakan informasi dari laporan keuangan.
Keywords : Fraudulent financial reporting, Fraud Pentagon, Pressure, Opportunity, Rationalization, Competence, Arrogance., Kecurangan laporan keuangan, Fraud Pentagon, Tekanan, Kesempatan, Rasionalisasi, Kapabilitas, Arogansi.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Rahmatullah Yudha Welita
Date Deposited: 05 Jan 2024 07:58
Last Modified: 05 Jan 2024 08:04
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13774

Actions (login required)

View Item
View Item