SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN PADA BADAN USAHA MILIK DESA LUMBUNG SEWU DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DESA SEWUREJO

SURYOWATI, Alam Suprobo and DALJONO, Daljono,(30 January 2024), SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN PADA BADAN USAHA MILIK DESA LUMBUNG SEWU DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DESA SEWUREJO. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (55kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (25kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (24kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (43kB)
[thumbnail of DAftar Pustaka] Text (DAftar Pustaka) - Published Version
Download (96kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Upaya peningkatan Pendapatan Asli Desa (PADes) melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) memerlukan Sistem Pengendalian Manajemen (SPM) yang tepat untuk memastikan bahwa kegiatan yang dilakukan sudah sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan SPM pada BUMDes Lumbung Sewu dalam meningkatkan PADes Sewurejo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan metode Pengkodean Charmaz, dimana pengkodean hasil wawancara dilakukan untuk membantu dalam mengelompokan hasil wawancara secara spesifik yang menunjukkan adanya hubungan dengan data lainnya. Terdapat dua langkah dalam pengkodean yaitu pengkodean yang dilakukan baris demi baris dan pengkodean yang dilakukan kata demi kata, dilanjutkan dengan pengkodean terfokus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pengendalian manajemen pada BUMDes Lumbung Sewu belum berjalan dengan maksimal. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain dari segi organisasi, manajemen unit bisnis, dukungan masyarakat, dan permodalan. BUMDes Lumbung Sewu dapat mengambil langkah untuk mengoptimalkan usahanya melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia, pengelolaan modal yang baik, pengembangan unit bisnis, melibatkan peran partisipatif dari masyarakat.
Keywords : Village-Owned Enterprises (VOE), Management Control System (MCS), Village Original Income (VOI), Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), Sistem Pengendalian Manajemen (SPM), Pendapatan Asli Desa (PADes)
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Alam Suprobo Suryowati
Date Deposited: 12 Feb 2024 09:29
Last Modified: 13 Feb 2024 03:29
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13874

Actions (login required)

View Item
View Item