PENGARUH SIARAN BELANJA LANGSUNG, DUKUNGAN SELEBRITI, PROMOSI, ULASAN PELANGGAN ONLINE, DAN DAYA TARIK IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI E-COMMERCE (Studi pada Pengguna Lazada di Kota Semarang)

MELITA, Shelli and ASTUTI, Sri Rahayu Tri,(1 February 2024), PENGARUH SIARAN BELANJA LANGSUNG, DUKUNGAN SELEBRITI, PROMOSI, ULASAN PELANGGAN ONLINE, DAN DAYA TARIK IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI E-COMMERCE (Studi pada Pengguna Lazada di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (175kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (216kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (207kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (244kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (238kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pandemi Covid-19 telah membawa dampak yang signifikan terhadap berbagai aspek kehidupan beralih ke digital, salah satunya pergeseran perilaku konsumen dari konvensional menjadi serba online dalam melakukan pembelian. Tren berbelanja menggunakan e-commerce lebih mudah, praktis, dan menguntungkan bagi konsumen. Kondisi ini menjadi peluang dan tantangan tersendiri bagi pelaku bisnis dalam memasarkan dan menjual produknya. Para pelaku bisnis merancang strategi untuk menstimulus konsumen melakukan pembelian di toko online melalui beberapa pendekatan, seperti memaksimalkan fitur siaran belanja langsung, menerapkan strategi promosi berupa diskon harga dan voucher menarik, memanfaatkan kredibilitas selebriti, dan menciptakan iklan yang menarik. Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh siaran belanja langsung, dukungan selebriti, promosi, ulasan pelanggan online, dan daya tarik iklan terhadap keputusan pembelian pada pengguna aplikasi Lazada di Kota Semarang. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner. Sebanyak 149 responden yang memenuhi kriteria dilibatkan dalam penelitian ini yaitu pengguna Lazada di Kota Semarang dengan teknik non probability sampling. Data yang terkumpul dilakukan beberapa pengujian yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis dengan menggunakan perangkat lunak IBM SPSS Versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial siaran belanja langsung, promosi, ulasan pelanggan online, dan daya tarik iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan dukungan selebriti tidak menunjukkan pengaruh terhadap keputusan pembelian. Secara simultan, siaran belanja langsung, dukungan selebriti, promosi, ulasan pelanggan online, dan daya tarik iklan berpengaruh secara bersama - sama terhadap keputusan pembelian melalui aplikasi Lazada di Kota Semarang.
Keywords : Live Streaming Shopping, Celebrity Endorser, Promotion, Online Customer Reviews, Advertising Attractiveness, Purchasing Decisions, Siaran Belanja Langsung, Dukungan Selebriti, Promosi, Ulasan Pelanggan Online, Daya Tarik Iklan, Keputusan Pembelian
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Shelli Melita
Date Deposited: 15 Feb 2024 03:09
Last Modified: 15 Feb 2024 03:09
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13881

Actions (login required)

View Item
View Item