PENGARUH CELEBRITY ENDORSER, VIRAL MARKETING, DAN IKLAN ONLINE TERHADAP PURCHASE DECISION MELALUI PURCHASE INTENTION (Studi Pada Konsumen CV. Miulan di Kota Semarang)

SORAYA, Tsummadana Mita and YOESTINI, Yoestini,(23 January 2024), PENGARUH CELEBRITY ENDORSER, VIRAL MARKETING, DAN IKLAN ONLINE TERHADAP PURCHASE DECISION MELALUI PURCHASE INTENTION (Studi Pada Konsumen CV. Miulan di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (61kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (28kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (28kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (106kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (176kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan dunia bisnis pada dewasa ini ditandai dengan makin tajamnya persaingan. Oleh karena itu, peranan pemasaran semakin penting dan merupakan ujung tombak setiap perusahaan. Salah satunya dengan memanfaatkan media sosial dalam strategi pemasaran yang dapat menunjang keberlangsungan suatu bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh celebrity endorser, viral marketing, dan iklan online terhadap purchase decision melalui purchase intention pada konsumen Miulan di Kota Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang telah membeli produk Miulan. Sampel yang digunakan berjumlah 100 sampel konsumen Miulan di Kota Semarang dengan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Model (SEM) melalui software SmartPLS 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel celebrity endorser, viral marketing, dan iklan online berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase decision. Hasil analisis menunjukkan bahwa purchase intention dapat memediasi celebrity endorser, viral marketing, dan iklan online, serta memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap purchase decision. Simpulan dari penelitian ini adalah celebrity endorser, viral marketing, dan iklan online dapat meningkatkan purchase decision. Purchase intention juga dapat memediasi pengaruh celebrity endorser, viral marketing, dan iklan online terhadap purchase decision. Bagi CV Miulan diharapkan untuk terus meningkatkan pemanfaatan selebriti dengan kredibilitas dan daya tarik tinggi, viral marketing, dan penggunaan iklan online sehingga dapat menciptakan testimoni positif dari pelanggan. Diharapkan pada penelitian yang akan datang untuk menambah variabel lain yang belum diteliti.
Keywords : Social Media Marketing, Celebrity Endorser, Viral Marketing, Online Advertising, Purchase Intention, Purchase Decision, Social Media Marketing, Celebrity Endorser, Viral Marketing, Iklan Online, Purchase Intention, Purchase Decision
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Tsummadana Mita Soraya
Date Deposited: 19 Feb 2024 04:58
Last Modified: 19 Feb 2024 04:58
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13890

Actions (login required)

View Item
View Item