PENGARUH TATA KELOLA PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN LINGKUNGAN (Studi Empiris pada Perusahaan di Sektor Consumer Non-Cyclicals yang Tercatat di Indonesia Stock Exchange Industrial Classification (IDX-IC) Tahun 2019-2021)

HAMIDAH, Erva and KUSUMADEWI, Karlina Aprilia,(25 January 2024), PENGARUH TATA KELOLA PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN LINGKUNGAN (Studi Empiris pada Perusahaan di Sektor Consumer Non-Cyclicals yang Tercatat di Indonesia Stock Exchange Industrial Classification (IDX-IC) Tahun 2019-2021). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (54kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (26kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (26kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (46kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (213kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan pengujian atas pengaruh dari tata kelola perusahaan seperti ukuran Dewan Komisaris, independensi Dewan Komisaris, jumlah rapat Dewan Komisaris, dan keberadaan Komite Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap pengungkapan lingkungan pada perusahaan di sektor barang konsumen primer (sector consumer non-cyclicals). Variabel dependen dalam penelitian ini adalah pengungkapan lingkungan dengan variabel independennya adalah ukuran Dewan Komisaris, independensi Dewan Komisaris, jumlah rapat Dewan Komisaris, dan keberadaan Komite CSR. Selain itu, variabel kontrol yang digunakan adalah profitabilitas, ukuran perusahaan, dan umur perusahaan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar di sektor barang konsumen primer di Indonesia Stock Exchange Industrial Classification (IDX-IC) dalam rentang tahun 2019-2021 dengan keseluruhan sampel sebanyak 150 sampel. Pemilihan sampel didasarkan pada penggunaan metode purposive sampling dengan kriteria dan syarat yang telah ditentukan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keberadaan Komite CSR berpengaruh secara signifikan terhadap pengungkapan lingkungan. Di sisi lain, ukuran Dewan Komisaris, independensi Dewan Komisaris, dan jumlah rapat Dewan Komisaris tidak berpengaruh terhadap pengungkapan lingkungan.
Keywords : corporate governance, size of the board of commissioners, independence of the board of commissioners, number of board of commissioners meeting, the existence of CSR committee, environmental disclosure., Tata Kelola Perusahaan, Ukuran Dewan Komisaris, Independensi Dewan Komisaris, Jumlah Rapat Dewan Komisaris, Komite CSR, pengungkapan lingkungan.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Erva Hamidah
Date Deposited: 22 Feb 2024 01:17
Last Modified: 22 Feb 2024 01:17
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13904

Actions (login required)

View Item
View Item