ANALISIS PENGARUH KEPUTUSAN DALAM MENGGUNAKAN LINKAJA SYARIAH (STUDI KASUS MAHASISWA FEB UNDIP)

SIBGA, Muhammad and SETIAWAN, Achma Hendra,(5 February 2024), ANALISIS PENGARUH KEPUTUSAN DALAM MENGGUNAKAN LINKAJA SYARIAH (STUDI KASUS MAHASISWA FEB UNDIP). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (142kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (66kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (57kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (73kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (203kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

LinkAja Syariah merupakan salah satu fintech Syariah yang berlisensi dari DSN-MUI. Namun, dengan adanya lisensi dari MUI, LinkAja Syariah memiliki jumlah pengguna yang paling sedikit dibandingkan dengan fintech Syariah lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh performance expectancy, effort expectancy, social influence, facilitating condition dan literasi keuangan terhadap keputusan penggunaan LinkAja Syariah pada mahasiswa FEB Undip. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah mahasiswa FEB Undip berjumlah 6.191 jiwa untuk tahun 2023. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan popusive sampling yaitu sampel dari populasi yang memenuhi syarat-syarat tertentu. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan rumus slovin untuk populasi yang sudah diketahui teknik pengambilan adalah kuesioner secara langsung. Teknik pengumpulan data dengan cara menyajikan kepada responden serangkai pertanyaan tertulis untuk di jawab. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala likert alat analisis dengan menggunakan Teknik SEM-PLS sebagai alternatif dari metode Covariance Based SEM (CBSEM). Dalam penelitian ini menunjukkan penelitian ini menemukan bahwa seluru konstruk dalam teori UTAUT dan literasi keuangan memiliki pengaruh yang positif serta signifikan terhadap mahasiswa FEB Undip untuk menggunakan LinkAja Syariah dalam melakukan transaksi.
Keywords : Performance Expectancy (PE), Effort Expectancy (EE), Social Influence (SI), Facilitating Condition (FC), Finance Literacy (LK), Performance Expectancy (PE), Effort Expectancy (EE), Social Influence (SI), Facilitating Condition (FC), Literasi Keuangan (LK)
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Depositing User: Muhammad Sibga
Date Deposited: 22 Feb 2024 02:57
Last Modified: 22 Feb 2024 03:07
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13906

Actions (login required)

View Item
View Item