PENGARUH PROMOSI HARGA DAN SOCIAL MEDIA RECOMMENDATION KEPADA KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN TERHADAP PRODUK DENGAN E-WOM NEGATIF: PERAN TIME PRESSURE SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus pada Pelanggan E-Commerce di Wilayah Jawa Tengah)

ARRASYID, Pramudya Saelando Gusti and YOESTINI, Yoestini,(18 January 2024), PENGARUH PROMOSI HARGA DAN SOCIAL MEDIA RECOMMENDATION KEPADA KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN TERHADAP PRODUK DENGAN E-WOM NEGATIF: PERAN TIME PRESSURE SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus pada Pelanggan E-Commerce di Wilayah Jawa Tengah). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Di era modern ini atau yang biasa disebut sebagai era digital, adalah era dimana informasi mudah dan cepat untuk disebarkan menggunakan teknologi berupa internet. Berkembangnya internet membuat semua semakin mudah seperti berbelanja, di era ini hanya dengan gawai dan internet kita bisa berbelanja dimanapun dan kapanpun yang kita mau, peristiwa ini bisa terjadi dengan munculnya sebuah platform jual beli secara daring atau biasa kita sebut E-Commerce. Namun dengan kemudahan yang kita dapat pasti ada efek negatif, seperti konsumen lebih mudah untuk menilai baik atau buruk suatu produk atau layanan melalui halaman ulasan balik yang tersedia di aplikasi E-Commerc dan itu semua bisa dilihat oleh calon-calon konsumen, dengan ini penjual yang mendapatkan ulasan buruk akan terdampak dengan produk-produk yang susah dijual. Penjual harus melakukan strategi-strategi pemasaran untuk mengurangi efek dari ulasan buruk yang mereka dapat supaya calon-calon pembeli dapat mempercayai mereka maupun produk yang mereka jual. Penelitian ini bertujuan untuk membantu para penjual untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh dari strategi-strategi pemasaran berupa promosi harga, time pressure, dan social media recommendation. Dengan ketiga variabel tersebut penenliti mencari tahu apakah ketiga variabel tersebut dapat membantu mempengaruhi keputusan pembelian pada produk dengan E-WOM negatif. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah nonprobability samping dengan purposive sample sebagai metode pengambilan sampel. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden yang memiliki kriteria berdomisili di Jawa Tengah serta menjadi pelanggan di salah satu E-Commerce yang ada di Indonesia. Data diperoleh dengan melakukan penyebaran kuesioner secara daring dalam bentuk Google Form. Terdapat 3 hipotesis dalam penelitian ini yang dianalisis dan diuji dengan menggunakan teknik analisis Structural Equation Model (SEM) Partial Least Square (PLS) versi 3. Hasil dari pengujian terhadap 3 hipotesis yang diajukan menunjukan bahwa ke3 hipotesis tersebut berhasil diterima, yaitu promosi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, time pressure berpengaruh positif dan signifikan memoderasi pengaruh promosi harga terhadap keputusan pembelian, dan social media recommendation berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
Keywords : Price Promotion, Time Pressure, Social Media Recommendation, Purchase Decision, Negative E-WOM, Promosi Harga, Time Pressure, Social Media Recommendation, keputusan Pembelian, E-WOM Negatif
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Pramudya Saelando Gusti Arrasyid
Date Deposited: 01 Mar 2024 08:54
Last Modified: 01 Mar 2024 08:54
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13938

Actions (login required)

View Item
View Item