PENGARUH TANGGUNG JAWAB SOSIAL DAN LINGKUNGAN PERUSAHAAN DAN FINANCIAL DISTRESS TERHADAP MANAJEMEN LABA DENGAN KEPEMILIKAN KELUARGA SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris pada Perusahaan Nonkeuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2018-2022)

CANTIKA, Syindy and MUTMAINAH, Siti,(2 February 2024), PENGARUH TANGGUNG JAWAB SOSIAL DAN LINGKUNGAN PERUSAHAAN DAN FINANCIAL DISTRESS TERHADAP MANAJEMEN LABA DENGAN KEPEMILIKAN KELUARGA SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris pada Perusahaan Nonkeuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2018-2022). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (218kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (196kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (196kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (218kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (450kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan dan financial distress terhadap manajemen laba dan peran kepemilikan keluarga sebagai variabel moderasi. Dalam penelitian ini tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan diproksikan dengan ESG disclosure score, financial distress dengan Altman Z-score, manajemen laba dengan Discretionery accrual, dan kepemilikan keluarga dengan variabel dummy. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan nonkeuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2018 hingga 2022. Metode pemilihan sampel menggunakan purposive sampling. Total perusahaan yang digunakan sebanyak 33 perusahaan atau 165 sampel. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan bantuan aplikasi SmartPLS. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan tidak berpengaruh terhadap manajemen laba. Kepemilikan keluarga tidak memoderasi pengaruh antara tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan terhadap manajemen laba. Financial distress berpengaruh positif dan signifikan terhadap manajemen laba. Selanjutnya, kepemilikan keluarga tidak memoderasi hubungan antara financial distress dan manajemen laba.
Keywords : Corporate social responsibility, financial distress, earnings management, family ownership, Tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan, financial distress, manajemen laba, kepemilikan keluarga.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: SYINDY CANTIKA
Date Deposited: 06 Mar 2024 10:10
Last Modified: 06 Mar 2024 10:10
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13952

Actions (login required)

View Item
View Item