PENGARUH STRATEGI BISNIS DAN KEMAMPUAN INOVASI TERHADAP KINERJA BISNIS DENGAN STRATEGI KEUNGGULAN BERSAING SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Empiris pada Usaha Cafe di Kota Semarang)

HAKIM, Fikrul and HIDAYATI, Retno,(22 March 2024), PENGARUH STRATEGI BISNIS DAN KEMAMPUAN INOVASI TERHADAP KINERJA BISNIS DENGAN STRATEGI KEUNGGULAN BERSAING SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Empiris pada Usaha Cafe di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (4MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami dan menganalisis pengaruh strategi bisnis dan kemampuan inovasi terhadap kinerja bisnis pada usaha cafe di Kota Semarang, dengan keunggulan bersaing sebagai variabel mediasi. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan populasi penelitian terdiri dari seluruh usaha kecil menengah di sektor cafe di Kota Semarang, Jawa Tengah, dengan jumlah 221 cafe yang terdaftar di Asosiasi Cafe Kota Semarang (ASOKAS). Penelitian dilakukan secara sensus, melibatkan seluruh anggota populasi. Analisis data dilakukan menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) melalui software AMOS 26. SEM membantu menganalisis hubungan antar variabel dalam model teoritis dan terdiri dari dua tahapan, yaitu measurement model dan structural model. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa keunggulan bersaing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja bisnis, strategi bisnis berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja bisnis, strategi bisnis berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing, kemampuan inovasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja bisnis, dan kemampuan inovasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa keunggulan bersaing, strategi bisnis, dan kemampuan inovasi memiliki pengaruh positif terhadap kinerja bisnis cafe di Kota Semarang.
Keywords : Business strategy, innovation capability, competitive advantage, business performance., Strategi bisnis, kemampuan inovasi, keunggulan kompetitif, kinerja bisnis.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Fikrul Hakim
Date Deposited: 26 Mar 2024 09:45
Last Modified: 26 Mar 2024 12:13
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14036

Actions (login required)

View Item
View Item