PENGARUH PENGGUNAAN PEMBAYARAN DIGITAL SHOPEE PAYLATER DAN RELIGIUSITAS TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MASYARAKAT DI KOTA DEPOK

GUMILANG, Thifaal Adli and MARWINI, Marwini,(20 March 2024), PENGARUH PENGGUNAAN PEMBAYARAN DIGITAL SHOPEE PAYLATER DAN RELIGIUSITAS TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MASYARAKAT DI KOTA DEPOK. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (79kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (49kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (49kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (102kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (161kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan di bidang Financial Technology, salah satunya adalah Paylater. Penelitian ini mempelajari pengaruh pengguna pembayaran digital Shopee Paylater, dan juga religiusitas di masyarakat terhadap perilaku konsumtif. Fenomena yang terjadi adalah terdapat kenaikan pengguna pembayaran digital Shopee Paylater, dan juga terjadinya kenaikan religiusitas di masyarakat. Sedangkan, di sisi lain dalam penelitian terdahulu menyatakan bahwa penggunaan pembayaran digital Shopee Paylater dapat mempengaruhi perilaku menjadi konsumtif, dan perilaku konsumtif tidak sesuai dengan perilaku konsumsi Islam. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan penyebaran kuisioner sebanyak 100 orang di kota Depok. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan pembayaran digital Shopee Paylater memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif, maka hipotesis H1 diterima. Lalu, religiusitas memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif. Hasil pengujian ini mengindikasikan penerimaan terhadap hipotesis H2. Dan secara bersama-sama, variabel dependen, yaitu penggunaan pembayaran digital Shopee Paylater dan religiusitas, memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif. Hasil pengujian ini mengindikasikan penerimaan terhadap hipotesis H3.
Keywords : Shopee Paylater, Digital Payment, Religiosity, Consumtive Behavior, Shopee Paylater, Pembayaran Digital, Religiusitas, Perilaku Konsumtif
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Depositing User: Thifaal Adli Gumilang
Date Deposited: 01 Apr 2024 00:23
Last Modified: 01 Apr 2024 00:25
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14067

Actions (login required)

View Item
View Item