PENGARUH PENGUNGKAPAN ESG TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA 5 NEGARA ASEAN (Studi pada Perusahaan Manufaktur di Indonesia, Thailand, Singapura, Filipina dan Malaysia yang Terdaftar pada Bursa Efek Periode 2018-2022)

MUNINGGAR, Aliya Inggita Prameswari and PANGESTUTI, Irene Rini Demi and MUNINGGAR, ALIYA,(28 February 2024), PENGARUH PENGUNGKAPAN ESG TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA 5 NEGARA ASEAN (Studi pada Perusahaan Manufaktur di Indonesia, Thailand, Singapura, Filipina dan Malaysia yang Terdaftar pada Bursa Efek Periode 2018-2022). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak dari pengungkapan kinerja lingkungan, sosial, dan tata kelola perusahaan (ESG) secara keseluruuhan terhadap nilai perusahaan di Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura, dan Filipina. Selanjutnya, penelitian ini akan menganalisis lebih dalam dampak dari pengungkapan kinerja lingkungan, sosial dan tata kelola perusahaan secara induvidu terhadap nilai perusahaan di Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura dan Filipina. Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar dalam Bursa Efek yang menerapkan aktivitas ESG dalam operasionalnya dari tahun 2018 hingga 2022. Daltal yalng digunalkaln bersumber dalri stalsiun daltal Bloomberg Falkultals Ekonomikal daln Bisnis Universitals Diponegoro Semalralng. Sampel ditentukan berdasarkan metode purposive sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 65 perusahaan. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda melalui software IBM SPSS 25. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengungkapan kinerja ESG secara keseluruhan pada perusahaan manufaktur memiliki berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan di lima negara tersebut. Kemudian, Pengungkapan kinerja lingkungan, sosial dan tata kelola perusahaan yang diuji secara induvidu juga berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan.
Keywords : ESG, Company Value, 5 ASEAN Countries, ESG, Nilai Perusahaan, 5 Negara ASEAN
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Aliya Inggita Prameswari Muninggar
Date Deposited: 01 Apr 2024 04:20
Last Modified: 01 Apr 2024 04:21
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14078

Actions (login required)

View Item
View Item