PENGARUH LEVERAGE, LIKUIDITAS & CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP FINANCIAL DISTRESS MENGGUNAKAN VARIABEL KONTROL FIRM SIZE & SALES GROWTH (Pengamatan pada Perusahaan Sektor Manufaktur di Papan Utama dan di Papan Pengembangan yang Tercatat di Indonesia Stock Exchange Tahun 2017-2022)

HANIF, Fauzi Muhammad and PANGESTUTI, Irene Rini Demi and HANIF, FAUZI,(14 March 2024), PENGARUH LEVERAGE, LIKUIDITAS & CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP FINANCIAL DISTRESS MENGGUNAKAN VARIABEL KONTROL FIRM SIZE & SALES GROWTH (Pengamatan pada Perusahaan Sektor Manufaktur di Papan Utama dan di Papan Pengembangan yang Tercatat di Indonesia Stock Exchange Tahun 2017-2022). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (203kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (332kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (181kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (444kB)
[thumbnail of Full Text PDF Bookmarks] Text (Full Text PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dilakukannya studi ini untuk menguji pengaruh dari leverage, likuiditas, concentration ownership, managerial ownership, serta institusional ownership pada financial distress menggunakan firm size serta sales growth sebagai variabel kontrol. Studi ini dianalisis dengan teknik regresi logistik. Populasi di studi ini yaitu semua perusahaan di sektor manufaktur yang masuk ke dalam klasifikasi papan utama serta papan pengembangan yang tercatat di Indonesia Stock Exchange (IDX) yang berjumlah 295 perusahaan. Purposive sampling yang digunakan sebagai metode dalam pemilihan sampel yang menghasilkan 204 data observasi dari 34 perusahaan manufaktur di papan utama dan 120 observasi dari 20 perusahaan manufaktur di papan pengembangan tahun 2017 sampai tahun 2022. Temuan studi ini menyimpulkan bahwa likuiditas dan concentration ownership mempunyai efek negatif pada financial distress perusahaan manufaktur di papan utama dan papan pengembangan. Leverage dan managerial ownership tidak mempunyai pengaruh pada financial distress, baik untuk perusahaan manufaktur di papan utama maupun di papan pengembangan. Temuan penelitian juga menyimpulkan bahwa institusional ownership mempunyai pengaruh positif pada financial distress perusahaan manufaktur di papan utama, namun untuk perusahaan manufaktur di papan pengembangan menunjukkan institusional ownership tidak mempunyai pengaruh pada financial distress.
Keywords : Financial distress; leverage; liquidity; concentration ownership; managerial ownership; institusional ownership; main board; development board., Financial distress; leverage; likuiditas; concentration ownership; managerial ownership; institusional ownership; papan utama; papan pengembangan.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Fauzi Muhammad Hanif
Date Deposited: 01 Apr 2024 07:28
Last Modified: 01 Apr 2024 07:28
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14083

Actions (login required)

View Item
View Item