ANALISIS PENGARUH KUALITAS LAYANAN ELEKTRONIK TERHADAP NIAT BELI KEMBALI DENGAN NILAI YANG DIRASAKAN DAN KETERLIBATAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada Pengguna Aplikasi Lazada di Kota Semarang)

KAIRUPAN, Farrell Eliezer and IDRIS, Idris,(27 March 2024), ANALISIS PENGARUH KUALITAS LAYANAN ELEKTRONIK TERHADAP NIAT BELI KEMBALI DENGAN NILAI YANG DIRASAKAN DAN KETERLIBATAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada Pengguna Aplikasi Lazada di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kemajuan dan penggunaan internet membuat perubahan besar bagi ritel sebagai pasar berbasis platform karena ritel dianggap semakin digital yang membuat pasar multisisi menyesuaikan antara online dan offline untuk membentuk pengalaman pelanggan yang lebih canggih. Lazada Indonesia merupakan pelopor e-commerce di beberapa negara berkembang tercepat di dunia yang menyediakan pengalaman belanja online. Berdasarkan sejumlah data, ditemui hasil bahwa kalah bersaingnya Lazada dibanding e-commerce besar lainnya di Indonesia dikarenakan kurangnya menurunnya pendatan penjualan dan niat beli kembali pelanggan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh perusahaan e-commerce dalam meningkatkan niat beli kembali yaitu, kualitas layanan elektronik, nilai yang dirasakan, dan keterlibatan pelanggan. Pada penelitian terdahulu, terdapat inkonsistensi dalam penelitian sehingga menjadi dasar dari penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan membuktikan bahwa kualitas layanan elektronik memiliki pengaruh terhadap niat beli kembali dengan nilai yang dirasakan dan keterlibatan pelanggan sebagai variabel mediasi. Pengambilan data dari penelitian ini melibatkan 110 responden dengan kriteria utama berusia minimal 17 tahun, berdomisili di Kota Semarang dan pernah membeli produk di aplikasi Lazada. Data yang didapatkan kemudian dianalisis menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan aplikasi SMART-PLS (Partial Least Sqaure) versi 3. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, ditemukan bahwa adanya hubungan yang positif dan signifikan antara kualitas layanan elektronik terhadap nilai yang dirasakan. Selain itu, nilai yang dirasakan terhadap keterlibatan pelanggan diketahui berpengaruh positif dan signifikan. Lebih lanjut, adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara nilai yang dirasakan dan keterlibatan pelanggan terhadap niat beli kembali.
Keywords : Electronic Service Quality, Perceived Value, Customer Engagement, Repurchase Intention, Kualitas Layanan Elektronik, Nilai Yang Dirasakan, Keterlibatan Pelanggan, Niat Beli Kembali
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Farrell Eliezer Kairupan
Date Deposited: 03 Apr 2024 01:56
Last Modified: 03 Apr 2024 01:56
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14086

Actions (login required)

View Item
View Item