STRUKTUR TATA KELOLA PERUSAHAAN DAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL DALAM MENDETEKSI KEMUNGKINAN TERJADINYA KECURANGAN LAPORAN KEUANGAN (Studi Empiris pada Perusahaan Properti dan Real Estat yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2020-2022)

KUSUMOSARI, Larassanti and RAHARDJO, Shiddiq Nur,(28 March 2024), STRUKTUR TATA KELOLA PERUSAHAAN DAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL DALAM MENDETEKSI KEMUNGKINAN TERJADINYA KECURANGAN LAPORAN KEUANGAN (Studi Empiris pada Perusahaan Properti dan Real Estat yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2020-2022). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (84kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (179kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (179kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (221kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (208kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris dan menganalisis pengaruh struktur tata kelola perusahaan dan kepemilikan manajerial terhadap kemungkinan dilakukannya kecurangan laporan keuangan. Variabel dependen yang digunakan pada penelitian ini adalah kecurangan laporan keuangan. Sementara itu, variabel independen pada penelitian ini meliputi struktur tata kelola perusahaan, yaitu independensi dewan komisaris, keahlian keuangan/akuntansi dewan komisaris, board efforts, independensi komite audit, keahlian keuangan/akuntansi komite audit dan audit committee efforts, serta kepemilikan manajerial. Populasi penelitian terdiri dari perusahaan sektor properti dan real estat yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2020-2022. Metode sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Jumlah sample akhir yang didapatkan pada penelitian ini adalah 47 perusahaan. Analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif dan pengujian hipotesis dengan analisis regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keahlian keuangan/akuntansi dewan komisaris, independensi komite audit, dan keahlian keuangan/akuntansi komite audit berpengaruh negatif signifikan terhadap kecurangan laporan keuangan. Namun, independensi dewan komisaris, board efforts, audit committee efforts, dan kepemilikan manajerial tidak terbukti berpengaruh secara signifikan terhadap kecurangan laporan keuangan.
Keywords : fraud, financial statement fraud, corporate governance, managerial ownership, kecurangan, kecurangan laporan keuangan, tata kelola perusahaan, kepemilikan manajerial.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Larassanti Kusumosari
Date Deposited: 03 Apr 2024 05:43
Last Modified: 03 Apr 2024 05:43
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14089

Actions (login required)

View Item
View Item