SAVITRI, Audry Eka and ARIANTI, Fitrie,(14 March 2024), ANALISIS FAKTOR PENENTU PENGGUNAAN BSI MOBILE PADA GENERASI Z (STUDI KASUS PADA MAHASISWA UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (179kB)
Download (179kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (203kB)
Download (203kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (204kB)
Download (204kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (230kB)
Download (230kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (231kB)
Download (231kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (7MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (7MB) | Request a copy
Abstract
Data Sensus Penduduk tahun 2020 mencatat populasi Indonesia didominasi gen Z dengan persentase mencapai 27,94%. Gen Z dikenal sebagai generasi yang mahir mengaplikasikan teknologi berbasis internet sehingga menjadi segmen pasar yang potensial bagi penyedia layanan m-Banking. Menurut data yang disajikan dalam laporan tahunan BSI (2022), terdapat peningkatan sekitar 39% dalam jumlah pengguna BSI Mobile mencapai 4,81 juta pengguna. Angka tersebut tidak sebanding dengan total nasabah BSI yang mencapai 17,79 juta orang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor penentu penggunaan BSI Mobile pada generasi Z.
Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) yaitu persepsi kegunaan dan persepsi kemudahan penggunaan, serta menambahkan tiga variabel eksternal yaitu promosi, keamanan, dan religiusitas. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuesioner melalui google form. Sampel sebanyak 197 responden diambil menggunakan teknik non-probability sampling dengan pendekatan purposive sampling. Analisis data menggunakan teknik SEM-PLS dengan bantuan aplikasi SmartPLS versi 3.2.9
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi kegunaan, persepsi kemudahan penggunaan, promosi, dan keamanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan BSI Mobile pada generasi Z, sedangkan religiusitas tidak berpengaruh terhadap penggunaan BSI Mobile pada generasi Z.
Keywords : | Perceived usefulness, perceived ease of use, promotion, security, religiosity, BSI Mobile usage, generation Z, Persepsi kegunaan, persepsi kemudahan penggunaan, promosi, keamanan, religiusitas, penggunaan BSI Mobile, generasi Z |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Ekonomi Islam |
Depositing User: | Audry Eka Savitri |
Date Deposited: | 23 Apr 2024 07:26 |
Last Modified: | 23 Apr 2024 07:37 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14106 |