ANALISIS FAKTOR PENENTU PENGGUNAAN BSI MOBILE PADA GENERASI Z (STUDI KASUS PADA MAHASISWA UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG)

SAVITRI, Audry Eka and ARIANTI, Fitrie,(14 March 2024), ANALISIS FAKTOR PENENTU PENGGUNAAN BSI MOBILE PADA GENERASI Z (STUDI KASUS PADA MAHASISWA UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (179kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (203kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (204kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (230kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (231kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Data Sensus Penduduk tahun 2020 mencatat populasi Indonesia didominasi gen Z dengan persentase mencapai 27,94%. Gen Z dikenal sebagai generasi yang mahir mengaplikasikan teknologi berbasis internet sehingga menjadi segmen pasar yang potensial bagi penyedia layanan m-Banking. Menurut data yang disajikan dalam laporan tahunan BSI (2022), terdapat peningkatan sekitar 39% dalam jumlah pengguna BSI Mobile mencapai 4,81 juta pengguna. Angka tersebut tidak sebanding dengan total nasabah BSI yang mencapai 17,79 juta orang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor penentu penggunaan BSI Mobile pada generasi Z. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) yaitu persepsi kegunaan dan persepsi kemudahan penggunaan, serta menambahkan tiga variabel eksternal yaitu promosi, keamanan, dan religiusitas. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuesioner melalui google form. Sampel sebanyak 197 responden diambil menggunakan teknik non-probability sampling dengan pendekatan purposive sampling. Analisis data menggunakan teknik SEM-PLS dengan bantuan aplikasi SmartPLS versi 3.2.9 Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi kegunaan, persepsi kemudahan penggunaan, promosi, dan keamanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan BSI Mobile pada generasi Z, sedangkan religiusitas tidak berpengaruh terhadap penggunaan BSI Mobile pada generasi Z.
Keywords : Perceived usefulness, perceived ease of use, promotion, security, religiosity, BSI Mobile usage, generation Z, Persepsi kegunaan, persepsi kemudahan penggunaan, promosi, keamanan, religiusitas, penggunaan BSI Mobile, generasi Z
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Depositing User: Audry Eka Savitri
Date Deposited: 23 Apr 2024 07:26
Last Modified: 23 Apr 2024 07:37
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14106

Actions (login required)

View Item
View Item