PENGARUH FRAUD DIAMOND TERHADAP INDIKASI FINANCIAL STATEMENTS FRAUD (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur sub Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2020-2022)

DEMERI, Demeri and ROHMAN, Abdul,(28 December 2023), PENGARUH FRAUD DIAMOND TERHADAP INDIKASI FINANCIAL STATEMENTS FRAUD (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur sub Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2020-2022). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (31kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (7kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (7kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (156kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (169kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji dan mengetahui pengaruh dari faktor-faktor yang memengaruhi terjadinya kecurangan laporan keuangan.Factor-faktor tersebut berdasarkan unsur tekanan, kesempatan, rasionalisasi serta kapabilitas dalam teori fraud diamond. Factor-faktor tersebut antara lain financial target, ineffective monitoring, auditor report, dan changes in directors. Populasi dalam penelitian ini adalah Perusahaan manufaktur sub makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 20202022. Sampel dipilih dengan menggunakan Teknik purposive sampling dan diperoleh sampel akhir berjumlah 117. Data yang digunakan adalah data sekunder dan dianalisis menggunakan analisis regresi logistik yang diolah dengan bantuan software SPSS Versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa financial target yang dihitung dengan ROA atau pembagian antara laba bersih dengan total asset, ineffective monitoring yang dihitung dengan pembagian jumlah komisaris independen dengan jumlah dewan komisaris, auditor report dan changes in directors yang dihitung dengan menggunakan variabel dummy menghasilkan tidak adanya pengaruh terhadap financial statements fraud.
Keywords : fraud, financial statements fraud, financial target, ineffective monitoring, auditor report, changes in directors, f score., fraud, financial statements fraud, financial target, ineffective monitoring, auditor report, changes in directors, f score.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Demeri -
Date Deposited: 08 May 2024 07:51
Last Modified: 08 May 2024 07:53
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14141

Actions (login required)

View Item
View Item