WICAKSONO, Ardian Oktavianto and DIRGANTARA, I Made Bayu,(15 May 2024), PENGARUH PERCEIVED EASE OF USE, PERCEIVED USEFULNESS DAN SERVICE SECURITY TERHADAP PERILAKU PENGGUNA SETELAH MENGGUNAKAN METODE PEMBAYARAN QRIS DI KOTA SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (66kB)
Download (66kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (8kB)
Download (8kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (8kB)
Download (8kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (129kB)
Download (129kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (214kB)
Download (214kB)
Text (Fulltext PDF Boorkmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan dan mengevaluasi model empiris yang
menguji bagaimana QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) Perceived Ease
of Use (PEOU), Perceived Usefulness (PU), dan Service Security (SS), mempengaruhi
User Satisfaction (SA), Perceived Value (PV) dan Continuous Usage (CU) pada
pengguna pembayaran QRIS di Semarang. Model empiris dibangun menggunakan
Technology Acceptance Model (TAM) dan perilaku pasca adopsi. Untuk itu, dilakukan
survei online terhadap kurang lebih 232 pengguna pembayaran QRIS berusia 17 tahun ke
atas, dan datanya diperiksa menggunakan teknik Structural Equation Modeling (SEM)
dan aplikasi SmartPLS 3. Hasil penelitian menemukan bahwa Perceived Ease of Use
berpengaruh tidak signifikan terhadap Perceived Value. Kegunaan yang Dirasakan, dan
Keamanan Layanan bersama-sama menentukan Nilai yang Dirasakan. Selain itu, ketiga
komponen Perceived Ease of Use, Perceived Usefulness dan Service Security secara
bersama-sama menentukan Perceived Value, dan User Satisfaction, serta Perceived
Value dan User Satisfaction bersama-sama berdampak pada dan Continuous Usage.
Lebih lanjut, penelitian ini menunjukkan bahwa SA benar-benar memediasi hubungan
antara PEOU, PU, dan SS pada CU. Oleh karena itu, hasil penelitian ini mendukung
terciptanya kerangka perilaku TAM dan pasca-adopsi yang komprehensif dengan
memfasilitasi model komprehensif mengenai anteseden dan konsekuensi Continuous
Usage bagi pengguna pembayaran QRIS. Studi ini juga menawarkan wawasan berharga
bagi para manajer perusahaan dan pemerintah yang mengelola sistem QRIS.
Keywords : | Technology Acceptance Model, Perceived Ease of Use, Perceived Usefulness, Service Security, Perceived Value, User Satisfaction, Post-Adoption Behavior, Continuous Usage, Technology Acceptance Model, Perceived Ease of Use, Perceived Usefulness, Service Security, Perceived Value, User Satisfaction, Post-Adoption Behavior, Continuous Usage |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Ardian Oktavianto Wicaksono |
Date Deposited: | 27 May 2024 09:07 |
Last Modified: | 27 May 2024 09:07 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14169 |