PENGARUH HASIL PEMERIKSAAN PEMERINTAH TERHADAP TINGKAT KORUPSI DAERAH DI JAWA TENGAH (Studi Empiris pada Pemerintah Kabupaten dan Kota di Jawa Tengah Tahun 2017-2022)

BALDAN, Kholil and HARYANTO, Haryanto,(8 May 2024), PENGARUH HASIL PEMERIKSAAN PEMERINTAH TERHADAP TINGKAT KORUPSI DAERAH DI JAWA TENGAH (Studi Empiris pada Pemerintah Kabupaten dan Kota di Jawa Tengah Tahun 2017-2022). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (24kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (10kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (11kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (123kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (97kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (850kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji ulang pengaruh yang ditimbulkan dari hasil pemeriksaan pemerintah dengan menggunakan tiga variabel independen yaitu opini audit, temuan audit, dan tindak lanjut hasil audit terhadap variabel dependen tingkat korupsi daerah di Jawa Tengah tahun 2017-2022. Dalam riset ini, sampel yang digunakan adalah kabupaten dan kota di Provinsi Jawa Tengah dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sebanyak 184 sampel pemerintah kabupaten dan pemerintah kota diambil selama enam tahun dari tahun 2017 sampai dengan 2022. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis regresi linier berganda dengan menggunakan aplikasi SPSS 26. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari BPK Perwakilan Jawa Tengah, Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah, dan BPS Jawa Tengah. Berdasarkan perolehan penelitian, diidentifikasi bahwa secara parsial hanya tindak lanjut hasil audit yang memiliki pengaruh signifikan terhadap tingkat korupsi dengan arah negatif, sedangkan opini audit dan temuan audit tidak memiliki pengaruh terhadap tingkat korupsi daerah. Secara simultan, variabel opini audit, temuan audit, dan tindak lanjut hasil audit berpengaruh signifikan terhadap tingkat korupsi. Dapat ditarik kesimpulan bahwasanya hasil audit pemerintah dapat digunakan sebagai pertimbangan/tinjauan untuk mengetahui indikasi korupsi di pemerintah kabupaten dan kota di Provinsi Jawa Tengah.
Keywords : Audit Opinion, Audit Findings, Audit Rectification Follow-up, and Corruption Level., Opini Audit, Temuan Audit, Tindak Lanjut Hasil Audit, dan Tingkat Korupsi.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Kholil Baldan
Date Deposited: 28 May 2024 08:31
Last Modified: 28 May 2024 08:37
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14174

Actions (login required)

View Item
View Item