PENGARUH PENGUNGKAPAN ENVIRONMENTAL, SOCIAL, DAN GOVERNANCE (ESG) TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI INDONESIA (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2018-2022)

RAHMAH, Puspa Widya and MARSONO, Marsono,(3 May 2024), PENGARUH PENGUNGKAPAN ENVIRONMENTAL, SOCIAL, DAN GOVERNANCE (ESG) TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI INDONESIA (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2018-2022). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (208kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (211kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (260kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (117kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (255kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji bagaimana pengaruh pengungkapan ESG terhadap kinerja operasional (ROA), kinerja keuangan (ROE), dan kinerja pasar (Tobins’Q) dengan melibatkan variabel kontrol (firm size dan asset turnover). Populasi penelitian terdiri dari 120 perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI pada tahun 2018 hingga 2022. Pemilihan sampel dilakukan berdasarkan metode purposive sampling yang menghasilkan 55 perusahaan manufaktur yang dijadikan sebagai sampel penelitian. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan menggunakan data time series. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan, pengungkapan environmental berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja operasional, kinerja keuangan, dan kinerja pasar. Pengungkapan governance dan asset turnover berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja operasional, kinerja keuangan, dan kinerja pasar. Pengungkapan social berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja operasional dan kinerja keuangan, tetapi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja pasar. Selanjutnya, firm size hanya berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan dan kinerja pasar.
Keywords : Environmental disclosure, social disclosure, governance disclosure, operational performance, financial performance, market performance., Pengungkapan environmental, pengungkapan social, pengungkapan governance, kinerja operasional, kinerja keuangan, kinerja pasar.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Puspa Widya Rahmah
Date Deposited: 03 Jun 2024 03:03
Last Modified: 03 Jun 2024 03:03
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14201

Actions (login required)

View Item
View Item