MEMBANGUN MODEL AGILE TECHNOLOGY-BASED PRODUCT INNOVATION,DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN (Studi Empirik pada Perusahaan Startup Digital di Indonesia)

SURYA, Ade Permata and FERDINAND, Augusty Tae and INDRIANI, Farida,(3 June 2024), MEMBANGUN MODEL AGILE TECHNOLOGY-BASED PRODUCT INNOVATION,DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN (Studi Empirik pada Perusahaan Startup Digital di Indonesia). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (16kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (32kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (35kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (114kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (413kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmark] Text (Fulltext PDF Bookmark)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Di zaman globalisasi, perusahaan tidak dapat menghindar dari arus persaingan, turbulensi eksternal, perubahan dan perkembangan teknologi, kebutuhan dan selera pelanggan yang cepat. Sehingga, untuk dapat mencapai keberhasilan kinerja pemasaran, perusahaan harus memiliki kemampuan dinamis untuk mengamati dan bereaksi terhadap perubahan. Kemampuan dinamis dikatakan memperkuat kinerja bisnis, namun hal ini masih menjadi perdebatan. Studi-studi terdahulu menunjukkan inkosistensi pengaruh kemampuan dinamis terhadap kinerja perusahaan, di mana ini menjadi masalah yang melatarbelakangi dilakukannya penelitian ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan deduktif di mana Dynamic Capability Theory (DCT) digunakan sebagai kerangka berfikir. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan sebuah konsep baru dan model penelitian empirik untuk mengatasi kesenjangan mengenai pengaruh Dynamic Capability terhadap Marketing Performance serta melakukan pembuktian model tersebut pada industri perusahaan startup digital. Proses sintesis dari DCT dalam penelitian ini menghasilkan variabel baru yaitu Agile Technology-based Product Innovation. Untuk menyesuaikan dengan tujuan penelitian, maka variabel Collaboration dan Competitive Advantage dimasukkan untuk meningkatkan Marketing Performance pada industri perusahaan startup digital di Indonesia. Sampel penelitian ini berjumlah 293 manajer atau direktur perusahaan startup digital. Data kemudian dianalisis menggunakan prosedur Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan SPSS 27 dan AMOS 26. Hasil penelitian menunjukkan dari tujuh hipotesis yang diajukan, keenam hipotesis diterima, sedangkan satu hipotesisnya ditolak. Berdasarkan hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa perusahaan yang memiliki Dynamic Capability dan menerapkan Agile Technology-based Product Innovation serta mau berkolaborasi dengan perusahaan lain, akan meningkatkan Competitive Advantage dan Marketing Performance perusahaan.
Keywords : dynamic capability, agile-tech based product innovation, collaboration, marketing performance, startup digital, kemampuan dinamis, Agile Technology-based Product Innovation, kolaborasi, kinerja pemasaran, startup digital
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (PhD)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Ade Permata Surya
Date Deposited: 03 Jun 2024 08:04
Last Modified: 07 Jun 2024 03:46
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14207

Actions (login required)

View Item
View Item