STUDI FENOMENOLOGI PERILAKU KONSUMEN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKET PLACE SHOPEE ANTARA MAHASISWA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN DI UNIVERSITAS DIPONEGORO

JAYA, Febi Ray Rangga and SOESANTO, Harry,(16 May 2024), STUDI FENOMENOLOGI PERILAKU KONSUMEN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKET PLACE SHOPEE ANTARA MAHASISWA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN DI UNIVERSITAS DIPONEGORO. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (4MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (4MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (4MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (4MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (4MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Proses keputusan pembelian berkaitan dengan gender, oleh karena itu tidak mengherankan jika pengambilan keputusan pembelian konsumen melalui e-commerce berkaitan erat dengan gender. Akan tetapi berdasarkan hasil pra-research diketahui bahwa dalam pengambilan keputusan pembelian antara jenis kelamin perempuan dan laki-laki pada e-commerce Shopee tidak terdapat perbedaan yang spesifik antar keduanya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pengambilan keputusan pembelian antara mahasiswa laki-laki dan perempuan Universitas Diponegoro dalam penggunaan e-commerce Shopee serta menganalisis faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan pembelian antara mahasiswa laki-laki dan perempuan Universitas Diponegoro dalam penggunaan e-comemrce Shopee. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni kualitatif dengan pendekatan studi fenomenologi. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara secara mendalam terhadap responden dengan kriteria berupa mahasiswa aktif Universitas Diponegoro, berusia dalam rentang 20 hinnga 24 tahun, melakukan pembuatan keputusan pembelian di Shopee minimal 1 (satu) kali dalam kurun waktu 2 (dua) bulan terakhir. Responden dalam penelitian ini berjumlah 6 responden dengan 3 responden berjenis kelamin laki-laki dan 3 responden berjenis kelamin perempuan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa proses pengambilan keputusan pembelian e-commerce Shopee oleh mahasiswa laki-laki dan perempuan di Universitas Diponegoro melalui adanya proses berupa problem recognition, information search, perceived risk, evaluation alternatives, serta purchase decision. Selain itu, faktor yang mempengaruhi pembuatan keputusan penggunaan Shopee berkaitan dengan adanya keunggulan relatif, adanya persepsi mangaat serta adanya perseipsi kemudahan yang dirasakan oleh konsumen Shopee. Terdapat perbedaan perilaku konsumen perempuan dan laki-laki dalam temuan penelitian ini mengkonfirmasi bahwa berkaitan dengan adiktif, laki-laki dalam penelitian ini cenderung lebih impulsif daripada perempuan, perempuan cenderung melakukan belanja tambahan atau belanja ekstra daripada laki-laki, serta dalam hal intensitas pembelian di Shopee tinggi sehingga terjadi bias gender dalam temuan penelitian ini.
Keywords : Purchase Decision Making, E-Commerce, Shopee, Gender, Phenomenological Study, Pembuatan Keputusan Pembelian, E-Commerce, Shopee, Gender, Studi Fenomenologi
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Febi Ray Rangga Jaya
Date Deposited: 04 Jun 2024 07:58
Last Modified: 04 Jun 2024 07:58
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14221

Actions (login required)

View Item
View Item