PENGARUH PAJAK PENGHASILAN BADAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN (STUDI KASUS PADA DELAPAN PERUSAHAAN SEKTOR KESEHATAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2017-2022)

SHOLIHATI, Lilis and KISWARA, Endang,(27 May 2024), PENGARUH PAJAK PENGHASILAN BADAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN (STUDI KASUS PADA DELAPAN PERUSAHAAN SEKTOR KESEHATAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2017-2022). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (93kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (47kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (47kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (133kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (175kB)
[thumbnail of Fulltext PDF (Bookmarks)] Text (Fulltext PDF (Bookmarks))
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pajak penghasilan badan terhadap kinerja keuangan. Kinerja keuangan dalam penelitian ini adalah profitabilitas perusahaan yang diukur dengan return on assets (ROA), return on investment (ROI), dan return on equity (ROE) pada perusahaan sektor kesehatan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2022. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder yang berupa laporan keuangan perusahaan sektor kesehatan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2022. Teknik purposive sampling digunakan untuk memilih sampel dan terdiri dari delapan perusahaan sektor kesehatan. Sehubungan dengan analisis data, metode uji beda non-parametrik dengan uji korelasi Spearman dan uji Wilcoxon Signed Rank Test digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pajak penghasilan dengan kinerja keuangan yang diukur dengan ROA setelah perubahan tarif pajak akibat pandemi Covid-19. Selain itu, hubungan pajak penghasilan dengan kinerja keuangan yang diukur melalui ROI dan ROE setelah peruubahan tarif pajak tidak terdapat perbedaan yang signifikan.
Keywords : Corporate Income Tax, Financial Performance, Return on Assets (ROA), Return on Investment (ROI), and Return on Equity (ROE), Pajak Penghasilan Badan, Kinerja Keuangan, Return on Assets (ROA), Return on Investment (ROI), dan Return on Equity (ROE)
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Lilis Sholihati
Date Deposited: 07 Jun 2024 02:54
Last Modified: 07 Jun 2024 02:56
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14232

Actions (login required)

View Item
View Item