ANALISIS PENGARUH LABEL HALAL, CITRA MEREK DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KECANTIKAN SOMETHINC (Studi Kasus pada Konsumen Muslim Kota Semarang)

TAQIYYA, Savira Ihdha and FITRIE, Arianti,(3 June 2024), ANALISIS PENGARUH LABEL HALAL, CITRA MEREK DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KECANTIKAN SOMETHINC (Studi Kasus pada Konsumen Muslim Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (36kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (30kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (29kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (88kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (160kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan studi tentang Keputusan Pembelian produk kecantikan Somethinc. Data dari Databoks 2022 mencatat pendapatan produk kecantikan di Indonesia mencapai US$ 7,23 Miliar. Terlepas dari adanya potensi tersebut, Endah (2022) menyatakan bahwa kesadaran konsumen terhadap label halal suatu produk masih relatif rendah. Hal ini didukung penelitian sebelumnya oleh Hasibuan (2020) yang menyatakan bahwa peran sertifikasi logo/label halal tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk kosmetik halal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh label halal, citra merek dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian produk kecantikan Somethinc pada konsumen Muslim Kota Semarang. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuesioner melalui google form dengan sampel sebanyak 100 responden diambil menggunakan teknik non-probability sampling dengan pendekatan purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kuantitatif dengan menggunakan metode statistik. Metode statistik yang digunakan adalah Partial Least Square (PLS) dengan menguji variabel Label Halal, Citra Merek dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian produk Somethinc. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel label halal berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian Somethinc sedangkan variabel citra merek dan persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan pada keputusan pembelian produk Somethinc. Hasil ini menunjukkan bahwa ketiga variabel bebas memiliki hubungan yang searah dengan variabel terikat. Akan tetapi, variabel label halal tidak memberikan pengaruh yang begitu besar pada keputusan pembelian produk Somethinc.
Keywords : Halal Certification Label, Brand Image, Price Perception, Purchasing Decision, Somethinc., Label Halal, Citra Merek, Persepsi Harga, Keputusan Pembelian, Somethinc
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Depositing User: Savira Ihdha Taqiyya
Date Deposited: 24 Jun 2024 08:36
Last Modified: 24 Jun 2024 09:20
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14412

Actions (login required)

View Item
View Item