DAMPAK GREEN FINANCE TERHADAP SKALA INVESTASI DAN PEMBIAYAAN PERUSAHAAN DENGAN FINANCIAL LEVERAGE, RETURN ON EQUITY, DAN ASSETLIABILITY RATIO SEBAGAI VARIABEL KONTROL (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI INDEKS NIKKEI 225 PADA TAHUN 2018-2023)

JAMIL, Muhammad Hudzaifa Justian and HERSUGONDO, Hersugondo,(22 May 2024), DAMPAK GREEN FINANCE TERHADAP SKALA INVESTASI DAN PEMBIAYAAN PERUSAHAAN DENGAN FINANCIAL LEVERAGE, RETURN ON EQUITY, DAN ASSETLIABILITY RATIO SEBAGAI VARIABEL KONTROL (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI INDEKS NIKKEI 225 PADA TAHUN 2018-2023). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (4MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (4MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (4MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (160kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (4MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengkaji dampak keuangan hijau terhadap skala investasi dan pembiayaan perusahaan, dengan menggunakan perusahaan yang terdaftar di Nikkei 225 sebagai studi kasus. Dengan memanfaatkan data panel dari tahun 2018 hingga 2023, analisis ini mengeksplorasi hubungan antara keuangan hijau dan variabel dependen: skala investasi dan skala pembiayaan. Penelitian ini menggunakan model regresi panel random effect untuk mengevaluasi data, dengan leverage keuangan, return on equity, dan rasio aset-liabilitas sebagai variabel kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keuangan hijau memiliki dampak signifikan pada skala investasi dan pembiayaan perusahaan. Namun, hasilnya bervariasi. Indeks keuangan hijau secara konsisten menunjukkan koefisien positif yang signifikan pada skala pembiayaan dan negatif pada skala investasi. Selain itu, temuan mengungkapkan bahwa variabel kontrol juga bervariasi antara variabel dependen. Penelitian ini menekankan pentingnya memasukkan keuangan hijau ke dalam strategi perusahaan, tidak hanya untuk meningkatkan keberlanjutan lingkungan tetapi juga untuk meningkatkan kinerja keuangan. Dengan memberikan bukti empiris dari indeks keuangan utama di Jepang, studi ini berkontribusi pada literatur yang berkembang tentang keuangan berkelanjutan dan menawarkan wawasan praktis bagi pembuat kebijakan dan manajer perusahaan yang bertujuan untuk menyeimbangkan tujuan keuangan dan lingkungan.
Keywords : Green Finance, Investment, Financing, Nikkei 225, Green Finance, Investasi, Pembiayaan, Nikkei 225
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Muhammad Hudzaifa Justian Jamil
Date Deposited: 24 Jun 2024 11:23
Last Modified: 24 Jun 2024 11:23
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14417

Actions (login required)

View Item
View Item