PERAN EXTERNAL ASSURANCE DALAM MEMPERKUAT PENGARUH PENGUNGKAPAN ENVIRONMENTAL, SOCIAL, AND GOVERNANCE (ESG) TERHADAP COST OF DEBT PADA PERUSAHAAN DI INDONESIA (2020-2022)

SIHITE, Abas Tujori and RATMONO, Dwi,(20 June 2024), PERAN EXTERNAL ASSURANCE DALAM MEMPERKUAT PENGARUH PENGUNGKAPAN ENVIRONMENTAL, SOCIAL, AND GOVERNANCE (ESG) TERHADAP COST OF DEBT PADA PERUSAHAAN DI INDONESIA (2020-2022). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (212kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (206kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (203kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (223kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (225kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kegiatan Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk menyelidiki pengaruh external assurance dalam mempengaruhi hubungan pengungkapan environmental, social, and governance (ESG) dan cost of debt perusahaan di Indonesia pada tahun 2020-2022. Penelitian ini menggunakan pengungkapan ESG yang diukur menggunakan metode konten analisis sebagai variabel independen, cost of debt sebagai variabel dependen, dan external assurance sebagai variabel moderasi. Penelitian ini menggunakan populasi yaitu perusahaan non-finansial yang tercatat pada Bursa Efek Indonesia tahun 2020-2022. Menggunakan purposive sampling, total sampel penelitian yang digunakan setelah eliminasi adalah 253 observasi data. Metode analisis yang dipakai pada penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dengan memanfaatkan aplikasi E-views 12 untuk melakukan uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Berdasarkan penelitian ini pengungkapan ESG oleh perusahaan di Indonesia masih tergolong pada kategori sedang dimana perusahaan lebih banyak mengungkapkan informasi pada dimensi governance dari pada dimensi environmental dan social. Hal ini mengindikasikan terdapatnya ruang besar bagi perusahaan di Indonesia untuk meningkatkan pengungkapan ESG-nya. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pengungkapan ESG berpengaruh negatif secara signifikan terhadap cost of debt. Akan tetapi, variabel moderasi masih belum dapat memperkuat secara signifikan pengaruh negatif pengungkapan ESG terhadap cost of debt perusahaan di Indonesia yang tercatat pada BEI tahun 2020-2022.
Keywords : ESG disclosure, cost of debt, external assurance, pengungkapan ESG, cost of debt, external assurance
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Abas Tujori S.
Date Deposited: 25 Jun 2024 06:38
Last Modified: 25 Jun 2024 06:56
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14431

Actions (login required)

View Item
View Item