PENGARUH THIN CAPITALIZATION, RELATED PARTY TRANSACTION, DAN PROFITABILITAS TERHADAP TAX AVOIDANCE (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Periode 2019-2022)

SOFHA, Nurhaliza Maridha and ROHMAN, Abdul,(14 June 2024), PENGARUH THIN CAPITALIZATION, RELATED PARTY TRANSACTION, DAN PROFITABILITAS TERHADAP TAX AVOIDANCE (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Periode 2019-2022). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hipotesis dan menghasilkan temuan empiris terkait dengan pengaruh thin capitalization, related party transaction, dan profitabilitas terhadap tax avoidance. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Data yang digunakan pada penelitian ini yaitu laporan keuangan perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI selama periode 2019 – 2022 sebanyak 34 perusahaan dengan jumlah sampel 106. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS versi 26. Variabel independen yang digunakan yaitu thin capitalization, related party transaction, dan profitabilitas. Pengukuran yang digunakan untuk mengukur thin capitalization diproksikan dengan debt to equity ratio dan related party transaction diproksikan menggunakan related party transaction liabilities,sedangkan profitabilitas diukur dengan return on assets. Di samping itu, variabel dependen berupa tax avoidance diproksikan dengan menggunakan effective tax rate. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa thin capitalization tidak berpengaruh terhadap tax avoidance. Related party transaction berpengaruh positif dan signifikan terhadap tax avoidance, sedangkan profitabilitas berpengaruh secara negatif dan signifikan terhadap tax avoidance.
Keywords : Tax avoidance, thin capitalization, related party transaction, and profitability., Tax avoidance, thin capitalization, related party transaction, dan profitabilitas.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Nurhaliza Maridha Shofa
Date Deposited: 26 Jun 2024 03:42
Last Modified: 26 Jun 2024 03:42
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14470

Actions (login required)

View Item
View Item