ANALISIS PENGARUH INFLUENCER MARKETING, SOCIAL MEDIA MARKETING, DAN CONTENT MARKETING DI INSTAGRAM TERHADAP PURCHASE DECISION (Studi Pada Konsumen Sepatu Casual Nike di Kota Semarang)

JUNIHARTO, M Zaidan Alviansyah and RAHARJO, Susilo Toto,(21 June 2024), ANALISIS PENGARUH INFLUENCER MARKETING, SOCIAL MEDIA MARKETING, DAN CONTENT MARKETING DI INSTAGRAM TERHADAP PURCHASE DECISION (Studi Pada Konsumen Sepatu Casual Nike di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (230kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (90kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (27kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (49kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (169kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

NIKE merupakan merek terkemuka yang dikenal secara luas berkat koleksi sepatu olahraga dan kasualnya. Merek ini menjadi sponsor bagi beberapa tokoh terkemuka di dunia, seperti Tiger Woods, Cristiano Ronaldo, Courtois, dan Wayne Rooney. Pada awalnya, perusahaan ini bernama Blue Ribbon Sports dan didirikan oleh Phil Knight, seorang atlet lari, bersama pelatihnya Bill Bowerman dari University of Oregon, pada tanggal 4 Januari 1964. Pada tahun 1978, Blue Ribbon Sports secara resmi mengganti nama menjadi Nike. Produk-produk Nike dapat dengan mudah dikenali melalui logo khas perusahaan, yang dikenal sebagai "swoosh," dan motto perusahaan yang terkenal, "Just Do It." Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis influencer marketing, social media marketing, content marketing dan brand image terhadap purchase decision pada konsumen sepatu casual Nike di Kota Semarang. Populsasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kota Semarang yang merupakan konsumen sepatu casual Nike yang menggunakan Instagram dan berusia minimal 17 tahun. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner yang terdiri dari pernyataan tertutup secara daring berhasil memperoleh 149 responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis secara kuantitatif dan struktural menggunakan metode SEM Analysis Moment of Structural) 24. (Temuan pada penelitian ini berhasil membuktikan bahwa influencer marketing, social media marketing, content marketing, dan brand image memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap purchase decision. Implikasi manajerial yang dapat diterapkan adalah dengan penelitian ini sebagai pertimbangan pihak Nike untuk dapat meningkatkan penjualan sepatu kasualnya di Indonesia.
Keywords : Influencer Marketing, Social Media Marketing, Content Marketing, Brand Image, Purchase Decision, Influencer Marketing, Social Media Marketing, Content Marketing, Brand Image, Purchase Decision
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: M Zaidan Alviansyah Juniharto
Date Deposited: 26 Jun 2024 04:18
Last Modified: 26 Jun 2024 04:18
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14473

Actions (login required)

View Item
View Item