PERAN PROFITABILITAS DAN LEVERAGE DALAM HUBUNGAN KARAKTERISTIK DEWAN KOMISARIS DENGAN PENGUNGKAPAN RISIKO PERUSAHAAN

KRISTIANTI, Michelle Jenifer and PRASTIWI, Andri,(19 June 2024), PERAN PROFITABILITAS DAN LEVERAGE DALAM HUBUNGAN KARAKTERISTIK DEWAN KOMISARIS DENGAN PENGUNGKAPAN RISIKO PERUSAHAAN. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of COVER] Text (COVER) - Published Version
Download (29kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (110kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (6kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Ketidakpastian selalu ada dalam menjalankan bisnis dan menimbulkan risiko bagi perusahaan, oleh karena itu diperlukannya pengungkapan risiko untuk mengidentifikasi risiko yang dihadapi perusahaan. Di Indonesia, pengungkapan ini telah diatur dalam PSAK 60, namun terbatas dalam risiko keuangan, sehingga diperlukannya pengungkapan risiko yang lebih luas. Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh karakteristik dewan komisaris berdasarkan jumlah atau ukuran, independensi, frekuensi rapat, dan keberadaan perempuan dalam komposisi dewan terhadap pengungkapan risiko perusahaan. Penelitian ini juga menguji profitabilitas dan leverage sebagai moderasi dalam hubungan antara variabel tersebut. Penelitian ini menggunakan Laporan Tahunan perusahaan sektor energi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia per tahun 2018 hingga 2022 dan didapatkan 210 sampel observasi. Metode analisis regresi moderasi digunakan untuk menganalisis hubungan karakteristik dewan komisaris terhadap pengungkapan risiko perusahaan, serta peran moderasi dari profitabilitas dan leverage. Pengungkapan risiko perusahaan diukur berdasarkan indeks risiko menggunakan analisis konten. Hasil penelitian ini menunjukkan ukuran dewan komisaris dan keberagaman gender dewan komisaris berpengaruh terhadap pengungkapan risiko perusahaan, sementara independensi dewan komisaris dan frekuensi rapat dewan komisaris tidak berpengaruh terhadap pengungkapan risiko perusahaan. Penelitian ini juga tidak menemukan pengaruh moderasi profitabilitas dan leverage terhadap hubungan karakteristik dewan komisaris dengan pengungkapan risiko perusahaan.
Keywords : corporate risk disclosure, characteristics of the board of commissioners, profitability, leverage., pengungkapan risiko perusahaan, karakteristik dewan komisaris, profitabilitas, leverage.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Michelle Jenifer Kristianti
Date Deposited: 27 Jun 2024 04:02
Last Modified: 27 Jun 2024 04:02
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14508

Actions (login required)

View Item
View Item