PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN DENGAN CAPITAL STRUCTURE SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019-2023)

RAHMAWATI, Anisha and MUTMAINAH, Siti,(24 June 2024), PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN DENGAN CAPITAL STRUCTURE SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019-2023). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (180kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (217kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (224kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (322kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (277kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh GCG terhadap kinerja perusahaan dengan capital structure sebagai variabel moderasi. Variabel independen dalam penelitian ini adalah GCG, yang diukur melalui komisaris independen, komite audit, dewan direksi, kepemilikan institusional, dan kepemilikan manajerial. Variabel dependen yang digunakan adalah kinerja perusahaan, yang diukur dengan ROA. Penelitian ini juga melibatkan struktur modal sebagai variabel moderasi, yang diukur menggunakan DAR. Populasi penelitian terdiri dari perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI selama periode 2019-2023. Penentuan sampel penelitian menggunakan metode purposive sampling, dengan total sampel sebanyak 165 perusahaan selama lima tahun. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan analisis regresi berganda dan analisis regresi moderasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keberadaan komisaris independen tidak memiliki dampak signifikan terhadap kinerja perusahaan, keberadaan komite audit memiliki dampak signifikan yang positif terhadap kinerja perusahaan, keberadaan dewan direksi memiliki dampak signifikan yang positif terhadap kinerja perusahaan, kepemilikan institusional tidak memiliki dampak signifikan terhadap kinerja perusahaan, kepemilikan manajerial memiliki dampak signifikan yang positif terhadap kinerja perusahaan, keberadaan capital structure tidak memoderasi pengaruh komisaris independen terhadap kinerja perusahaan, keberadaan capital structure tidak memoderasi pengaruh komite audit terhadap kinerja perusahaan, keberadaan capital structure tidak memoderasi pengaruh dewan direksi terhadap kinerja perusahaan, keberadaan capital structure tidak memoderasi pengaruh kepemilikan institusional terhadap kinerja perusahaan, keberadaan capital structure tidak memoderasi pengaruh kepemilikan manajerial terhadap kinerja perusahaan.
Keywords : GCG, Firm performance, Capital structure, GCG, Kinerja perusahaan, Struktur modal
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Anisha Rahmawati
Date Deposited: 27 Jun 2024 04:42
Last Modified: 27 Jun 2024 04:47
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14514

Actions (login required)

View Item
View Item