PENGARUH PENGUNGKAPAN ENVIRONMENTAL, SOCIAL, DAN GOVERNANCE (ESG) TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN DENGAN FINANCIAL SLACK SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris pada Perusahaan Non-Keuangan di Bursa Efek Indonesia tahun 2019-2022)

PASARIBU, Glen Surya and CAHYONOWATI, Nur,(21 June 2024), PENGARUH PENGUNGKAPAN ENVIRONMENTAL, SOCIAL, DAN GOVERNANCE (ESG) TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN DENGAN FINANCIAL SLACK SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris pada Perusahaan Non-Keuangan di Bursa Efek Indonesia tahun 2019-2022). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (680kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (668kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (674kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (699kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (223kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengungkapan lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG) terhadap kinerja perusahaan. Mengingat hasil temuan terdahulu yang inkonsisten mengenai hubungan antara pengungkapan ESG dan kinerja perusahaan, penelitian ini berupaya menelaah lebih jauh inkonsistensi tersebut dengan memasukkan financial slack sebagai variabel moderasi. Data dalam penelitian ini bersumber dari Bloomberg database, yang mencakup perusahaan non-keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2019-2022. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan metode purposive sampling, dengan total sebanyak 258 tahun perusahaan. Penelitian ini menggunakan Analisis Regresi Moderasi (MRA) dengan SPSS 26 untuk melakukan analisis empiris. Hasil riset menunjukkan bahwa pengungkapan ESG memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap kinerja perusahaan. Financial slack memiliki pengaruh positif yang tidak signifikan terhadap kinerja perusahaan. Sementara itu, financial slack sebagai variabel moderasi mampu melemahkan pengaruh positif pengungkapan ESG terhadap kinerja perusahaan.
Keywords : ESG disclosure, firm performance, financial slack, Pengungkapan ESG, kinerja perusahaan, financial slack
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Glen Surya Pasaribu
Date Deposited: 27 Jun 2024 07:20
Last Modified: 27 Jun 2024 07:35
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14531

Actions (login required)

View Item
View Item