PRATAMA, Aditya Arya and DIRGANTARA, I Made Bayu,(27 June 2024), The Phenomenon and Impact of Customer Loyalty to The Cafe Business Competitiveness in Tembalang, Semarang, Central Java. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (32kB)
Download (32kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (8kB)
Download (8kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (7kB)
Download (7kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (93kB)
Download (93kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (92kB)
Download (92kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Loyalitas pelanggan adalah dedikasi pelanggan untuk secara konsisten
membeli barang atau jasa dari merek atau bisnis tertentu dalam jangka waktu yang
lama. Hal ini melibatkan preferensi dan kepercayaan yang mendalam terhadap
merek tertentu, yang sering kali mengarah pada perilaku pembelian yang teratur
dan konsisten. Ini lebih dari sekadar pembelian berulang. Secara keseluruhan,
fenomena loyalitas pelanggan sangat rumit dan dipengaruhi oleh berbagai elemen
praktis, psikologis, dan emosional. Pendekatan strategis yang berpusat pada
pemahaman dan pemenuhan kebutuhan dan harapan pelanggan secara terus
menerus diperlukan untuk membangun dan mempertahankan loyalitas pelanggan.
Analisis menyeluruh terhadap literatur mengungkapkan bahwa model
SERVQUAL industri makanan dan minuman yang mengukur tangibles, reliability,
responsiveness, assurance, dan empathy belum pernah diuji secara memadai
dalam penelitian sebelumnya. Dengan demikian, tujuan dari penelitian ini adalah
untuk menjelaskan bagaimana loyalitas pelanggan dipengaruhi oleh kualitas
layanan dalam bisnis Café. Penelitian ini menggunakan kuesioner terstruktur
untuk mensurvei pelanggan kafe di daerah Tembalang, Semarang, Jawa Tengah.
Akan ada 300 kuesioner survei yang dikelola sendiri yang tersedia. Data dianalisis
dengan menggunakan analisis regresi berganda.
Industri kafe di Tembalang, Semarang, Jawa Tengah, adalah subjek eksklusif
dari penelitian ini. Convenience sampling digunakan untuk mengumpulkan data.
Dalam industri kafe, hubungan antara loyalitas pelanggan dan kualitas layanan
hanya ditemukan dalam beberapa penelitian sebelumnya. Untuk mengatasi
masalah tersebut, penelitian ini menyelidiki hubungan antara loyalitas pelanggan
dan kualitas layanan. Selain itu, kewajaran harga merupakan variabel independen
lain yang dimasukkan dalam penelitian ini untuk menguji pengaruhnya terhadap
loyalitas pelanggan.
Keywords : | Cafés, Food and Beverage, SERVQUAL Model, Customer Loyalty, Central Java, Semarang, Tembalang, Kafe, Makanan dan Minuman, Model SERVQUAL, Loyalitas Pelanggan, Jawa Tengah, Semarang, Tembalang |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Aditya Arya Pratama |
Date Deposited: | 28 Jun 2024 08:15 |
Last Modified: | 24 Jul 2024 01:50 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14588 |