PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA BANK UMUM SYARIAH INDONESIA : PENDEKATAN MAQASHID BASED PERFORMANCE EVALUATION MODEL (MPEM)

MARIN, Vanessa Adinta and DARWANTO, Darwanto,(20 June 2024), PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA BANK UMUM SYARIAH INDONESIA : PENDEKATAN MAQASHID BASED PERFORMANCE EVALUATION MODEL (MPEM). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (36kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (26kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (26kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (50kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (168kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengkaji pengaruh corporate governance terhadap kinerja Bank Umum Syariah (BUS) di Indonesia menggunakan pendekatan Maqashid based Performance Evaluation Model (MPEM). Penelitian ini menilai sejauh mana bank umum syariah mematuhi prinsip-prinsip syariah yang mendasari pendiriannya melalui aspek ukuran DPS, Keahlian DPS, Kualifikasi Pendidikan DPS, Rangkap Jabatan DPS, serta proporsi Dewan Komisaris Independen dan Dewan Direksi. Data yang digunakan adalah data sekunder yang berasal dari laporan tahunan lima BUS di Indonesia periode 2019-2023. Analisis data dilakukan dengan metode regresi data panel dengan model common effect model untuk menguji hipotesis yang diajukan dengan perangkat lunak Eviews12. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran DPS, keahlian DPS, kualifikasi pendidikan DPS, dan proporsi dewan direksi, memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kinerja maqashid syariah. Namun, rangkap jabatan dan proporsi dewan komisaris independen tidak menunjukkan pengaruh signifikan. Temuan dalam penelitian ini menggarisbawahi pentingnya meningkatkan kualitas, keahlian DPS dan dewan direksi serta pengelolaan yang lebih efektif untuk mencapai tujuan maqashid syariah dalam operasional BUS. Uji koefisien determinasi diperoleh sebesar 74.16% variabel independen dapat menjelaskan kinerja maqashid syariah, sementara itu untuk 25.84% lainya dipengaruhi oleh faktor lain diluar variabel yang di observasi. Variabel yang paling besar pegaruhnya adalah variabel Ukuran DPS.
Keywords : Good Corporate Governance, Islamic Commercial Bank, MPEM, Maqashid syariah., Good Corporate Governance, Bank Umum Syariah, MPEM, Maqashid syariah.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Depositing User: Vanessa Adinta Marin
Date Deposited: 28 Jun 2024 08:34
Last Modified: 28 Jun 2024 08:36
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14596

Actions (login required)

View Item
View Item