PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN(Studi Empiris pada Perusahaan LQ45 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019-2021)

RAIS HABIBI, Masandy Muhammad and DULMUID, Dulmuid,(19 June 2024), PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN(Studi Empiris pada Perusahaan LQ45 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019-2021). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (32kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (6kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (7kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (195kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (294kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh good corporate governance terhadap kinerja keuangan perusahaan. Good corporate governance diukur dengan ukuran dewan direksi, komisaris independen, kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial dan komite audit, serta kinerja keuangan diukur dengan ROA dan ROE. Good corporate governance merupakan konsep yang didasarkan pada teori keagenan yang diharapkan dapat mengurangi konflik keagenan dan mengoptimalkan pendanaan perusahaan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan data sekunder yang diambil dengan teknik dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2019-2021. Sampel yang diambil dengan purposive sampling berjumlah 45 perusahaan. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jumlah dewan direksi berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan (ROA). Sementara komite audit berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja keuangan (ROA). Komisaris indpenden dan kepemilikan institusional tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kinerja keuangan (ROA). Kepemilikan manajerial berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja keuangan (ROA). Dewan direksi, kepemilikan manajerial, dan komite audit berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan (ROE). Komisaris Independen memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja keuangan (ROE). Kepemilikan institusional tidak berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan (ROE).
Keywords : GCG, board of directors size, independent commissioner, institutional ownership, managerial ownership, audit committee, financial performance, ROA, ROE, GCG, ukuran dewan direksi, komisaris independen, kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, komite audit, kinerja keuangan, ROA, ROE.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Masandy Muhammad Rais Habibi
Date Deposited: 28 Jun 2024 09:08
Last Modified: 28 Jun 2024 09:08
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14597

Actions (login required)

View Item
View Item