ANALISIS PENGARUH DANA ALOKASI UMUM DAN PENDAPATAN ASLI DAERAH TERHADAP BELANJA PEMERINTAH DAERAH KOTA SEMARANG

HAKIMAH, Siti Hasna Zahra and HARYANTO, Haryanto,(3 June 2024), ANALISIS PENGARUH DANA ALOKASI UMUM DAN PENDAPATAN ASLI DAERAH TERHADAP BELANJA PEMERINTAH DAERAH KOTA SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (66kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (31kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (80kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (356kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (144kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (702kB) | Request a copy

Abstract

Penelitaian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Dana Alokasi Umum (DAU), Pendapatan Asli Daerah (PAD) berpengaruh terhadap Belanja Daerah Kota Semarang. Metode analisis yang digunakan adalah metode kuantitatif, dengan pengujian regresi berganda dengan melakikan uji asumsi klasik sebelum mendapatkan model penelitian yang terbaik. Variabel dalam penelitian ini adalah Dana Alokasi Umum (DAU), Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebagai variabel independen, sedangkan variabel dependen adalah Belanja Daerah. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Laporan Realisasi Pendapatan dan Belanja Daerah Kota Semarang Tahun 2016 – 2022. Objek penelitian ini mengenai Dana Alokasi Umum (DAU), Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan Belanja Daerah (BD). Sampel yang digunakan adalah Laporan Realisasi Pendapatan dan Belanja Daerah Kota Semarang Tahun 2016 – 2022. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah data time series yang bersumber dari Badan Pusat Statistik dan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Kota Semarang. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa Dana Alokasi Umum tidak berpengaruh signifikan terhadap belanja daerah Kota Semarang, Pendapatan Asli Daerah berpengaruh secara signifikan dan mempunyai pengaruh positif terhadap belanja daerah pada Kota Semarang.
Keywords : General Allocation Fund (DAU), Regional Original Revenue (PAD), Regional Expenditure, Regional Revenue and Expenditure Realization Report., Dana Alokasi Umum (DAU), Pendapatan Asli Daerah (PAD), Belanja Daerah, Laporan Realisasi Pendapatan dan Belanja Daerah.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Siti Hasna Zahra Hakimah
Date Deposited: 01 Jul 2024 01:41
Last Modified: 02 Jul 2024 03:20
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14638

Actions (login required)

View Item
View Item