STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KULINER DENGAN PENDEKATAN SWOT DENGAN STRATEGI FOKUS WEAKNESSES-OPPORTUNITIES (Studi Pada Nutrishot)

FAHREZI, Zidane Achmad and IDRIS, Idris,(24 June 2024), STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KULINER DENGAN PENDEKATAN SWOT DENGAN STRATEGI FOKUS WEAKNESSES-OPPORTUNITIES (Studi Pada Nutrishot). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (100kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (78kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (78kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (91kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (177kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya makanan sehat dan bergizi, membuat bisnis makanan sehat di Indonesia semakin menjanjikan. Perubahan pola pikir ini menciptakan peluang baru bagi para pengusaha untuk memasuki pasar yang semakin terbuka dan berkembang. Tujuan penelitian ini adalah merumuskan strategi bisnis optimal bagi Nutrishot di pasar, dengan mengidentifikasi peluang dan tantangan, menganalisis tren konsumen dan perkembangan industri. Selain itu penelitian ini bertujuan untuk memastikan pertumbuhan dan keuntungan jangka panjang Nutrishot. Dalam penelitian ini, digunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan dari dua sumber utama: pertama, melalui observasi dan wawancara untuk mendapatkan data primer secara langsung; kedua, dengan menggunakan studi pustaka untuk mengumpulkan data sekunder yang mendukung. Pendekatan ini dipilih untuk menjamin keakuratan dan kedalaman data dalam penelitian ini. Jumlah pendanaan yang dibutuhkan dan digunakan untuk melaksanakan proyek bisnis Nutrishot dada ayam ini adalah Rp 675.454.354. Rincian dana tersebut terdiri dari biaya investasi sebesar Rp 54.322.000 dan biaya modal kerja sebesar Rp621.132.354 untuk tahun pertama proyek. Pendanaan ini mencakup semua kebutuhan untuk memulai usaha dengan lengkap dan mendukung keberhasilan operasional proyek pada tahap awal. Pada perhitungan analisis keuangan sensitivitas dari bisnis Nutrishot menghasilkan Net Present Value (NPV) sebesar Rp. 286.815.153. selanjutnya untuk internal rate of return (IRR) didapatkan 75%, payback period (PBP) 14 Bulan, dan Profitability Index (PI) 4,65. Setiap komponen tersebut mengindikasikan bahwa menjalankan bisnis Nutrishot adalah pilihan yang direkomendasikan dan memiliki potensi untuk menghasilkan keuntungan optimal di masa depan.
Keywords : business plan, business analysis, culinary business, rencana bisnis, analisis usaha, bisnis kuliner
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Zidane Achmad Fahrezi
Date Deposited: 01 Jul 2024 08:03
Last Modified: 01 Jul 2024 08:03
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14652

Actions (login required)

View Item
View Item