APAKAH SOCIAL MEDIA MARKETING DAN BRAND INNOVATIVENESS MENINGKATKAN BRAND LOYALTY? STUDI EMPIRIS PADA KONSUMEN MEREK APPLE DENGAN VARIABEL INTERVENING CUSTOMER ENGAGEMENT DAN SELF-CONGRUITY

YOSUA, Rafael and FERDINAND, Augusty Tae,(21 June 2024), APAKAH SOCIAL MEDIA MARKETING DAN BRAND INNOVATIVENESS MENINGKATKAN BRAND LOYALTY? STUDI EMPIRIS PADA KONSUMEN MEREK APPLE DENGAN VARIABEL INTERVENING CUSTOMER ENGAGEMENT DAN SELF-CONGRUITY. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (4MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (4MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (4MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (4MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (4MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Dengan kehadiran internet, interaksi tidak hanya dapat terjadi melalui kontak fisik, tetapi juga melalui komunikasi secara daring. Pola interaksi ini telah mengalami percepatan luar biasa sehingga mayoritas masyarakat dewasa ini merasakan berjejaring melalui aplikasi-aplikasi media sosial. Masyarakat kini mengalami perubahan pola perilaku yang semakin luas, mulai dari mencari informasi hingga memberikan testimoni atas barang tersebut. Dengan begitu, merek juga melihat hal ini sebagai kesempatan untuk memperkenalkan inovasiinovasi yang ingin mereka tonjolkan, tidak terkecuali merek Apple. Dengan pemosisian produk yang dimiliki Apple, merek ini telah dikenal secara luas sebagai produsen teknologi dengan konsep modern dan dapat membantu penggunanya untuk memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari, khususnya terkait dengan perangkat teknologi. Konsep model kerangka penelitian yang dikembangkan antara Social Media Marketing, Brand Innovativeness, Customer Engagement, Self-Congruity dan Brand Loyalty yang bersumber dari teori dan penelitian yang telah dilakukan sebelumnya. Pengumpulan data yang dilakukan dengan pemberian kuesioner yang terdiri dari pertanyaan secara daring berhasil mendapatkan 282 responden. Kriteria responden pada penelitian ini adalah pengguna produk Apple yang setidaknya pernah menggunakan atau memiliki setidaknya satu perangkat Apple dan berdomisili di Semarang. Hasil dari pengumpulan data kuesioner yang telah diperoleh dianalisis secara kuantitatif dan struktural dengan menggunakan metode SEM (Structural Equation Modelling) menggunakan program AMOS (Analysis Moment of Structural) 25. Temuan pada penelitian ini berhasil membuktikan bahwa Social Media Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Customer Engagement. Brand Innovativeness berpengaruh positif dan signifikan terhadap Customer Engagement. Customer Engagement berpengaruh positif dan signifikan terhadap Self-Congruity. Brand Innovativeness berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap Self-Congruity. Customer Engagement berpengaruh positif dan signifikan terhadap Brand Loyalty. Dan, Self-Congruity berpengaruh positif dan signifikan terhadap Brand Loyalty.
Keywords : Social Media Marketing, Brand Innovativeness, Customer Engagement, Self-Congruity, Brand Loyalty, Self-Congruence Theory, Social Media Marketing, Brand Innovativeness, Customer Engagement, Self-Congruity, Brand Loyalty, Self-Congruence Theory
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Rafael Yosua
Date Deposited: 01 Jul 2024 08:39
Last Modified: 01 Jul 2024 08:39
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14660

Actions (login required)

View Item
View Item