PENGARUH TATA KELOLA PERUSAHAAN TERHADAP KUALITAS AUDIT (Studi Empiris pada Perusahaan Non-Keuangan yang Terdaftar di BEI Tahun 2020-2022)

SALIRA, Aprilia and PRASETYO, Andrian Budi,(26 June 2024), PENGARUH TATA KELOLA PERUSAHAAN TERHADAP KUALITAS AUDIT (Studi Empiris pada Perusahaan Non-Keuangan yang Terdaftar di BEI Tahun 2020-2022). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (147kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (186kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (179kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (217kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (205kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh tata kelola perusahaan terhadap kualitas audit. Ukuran dewan direksi, komisaris independen, kepemilikan institusional dan literasi keuangan komite audit menjadi variabel independen dalam penelitian ini. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah kualitas audit. Variabel kontrol juga dilibatkan dalam penelitian ini, yang mencakup ukuran perusahaan dan umur perusahaan. Metode analisis regresi logistik digunakan dalam penelitian ini. Seluruh data yang digunakan diperoleh dari laporan tahunan perusahaan non-keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2020-2022. Sebanyak 319 perusahaan dipilih menjadi sampel penelitian dengan menggunakan metode purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran dewan direksi dan literasi keuangan komite audit memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap kualitas audit. Komisaris independen dan kepemilikan institusional juga memiliki pengaruh positif namun tidak signifikan terhadap kualitas audit. Temuan ini dapat mengindikasikan bahwa peningkatan ukuran dewan direksi dan keberadaan anggota komite audit yang memiliki pengetahuan akuntansi dapat meningkatkan kualitas audit di perusahaan.
Keywords : Corporate Governance, Audit Quality, Tata Kelola Perusahaan, Kualitas Audit
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Aprilia Salira
Date Deposited: 02 Jul 2024 02:12
Last Modified: 02 Jul 2024 02:12
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14664

Actions (login required)

View Item
View Item