PENGARUH LABELISASI HALAL, PENGETAHUAN PRODUK, DAN HARGA PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MUSLIM DALAM PEMBELIAN PRODUK MCDONALD’S (STUDI KASUS KONSUMEN MUSLIM MCDONALD’S DI KOTA SEMARANG

FAHMI, Muhammad Iqbal and FUADI, Ariza,(14 June 2024), PENGARUH LABELISASI HALAL, PENGETAHUAN PRODUK, DAN HARGA PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MUSLIM DALAM PEMBELIAN PRODUK MCDONALD’S (STUDI KASUS KONSUMEN MUSLIM MCDONALD’S DI KOTA SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (187kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (220kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (237kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (265kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (263kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Indonesia merupakan negara dengan mayoritas umat Islam terbesar di dunia, oleh karena itu konsumen umat Islam sangat peduli terhadap konsep halal dan haram suatu produk yang dikonsumsi, khususnya produk pangan. Bisnis berbasis fast food di Indonesia menunjukkan perkembangan yang cukup pesat selama lima tahun terakhir salah satunya ialah McDonald’s yang memiliki 37.900 gerai yang tersebar di Indonesia. Kecenderungan untuk makan di luar mendorong industri jasa makanan menuju kebutuhan untuk mengelola pelanggan dan memastikan bahwa semua kebutuhan dan preferensi pelanggan terpenuhi. Penelitian ini menggunakan pendeketan analisis kuantitatif dengan metode analisis regresi liniear berganda. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu dengan purposive sampling dengan mengambil sampel 100 responden konsumen Muslim Kota Semarang yang pernah membeli McDonald’s. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner melalui platform google form dan dianalisis menggunakan IBM SPSS Statistics 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Labelisasi Halal dan Pengetahuan Produk, berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian McDonald’s pada konsumen Muslim Kota Semarang, sedangkan Harga berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian McDonal’s pada konsumen Muslim Kota Semarang. Nilai koefisien determinasi menunjukkan bahwa 34,4% variabel dependen dapat dijelaskan oleh variabel independen dan sisanya 65,6% dijelaskan oleh variabel lain di luar penelitian ini.
Keywords : Halal Labeling, Product Knowledge, Price, Purchase Decision, Muslim Consumers, McDonald's., Labelisasi Halal, Pengetahuan Produk, Harga, Keputusan Pembelian, Konsumen Muslim, McDonald’s.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Depositing User: Muhammad Iqbal Fahmi
Date Deposited: 02 Jul 2024 07:50
Last Modified: 02 Jul 2024 07:58
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14684

Actions (login required)

View Item
View Item