PENGARUH FRAUD TRIANGLE DAN KARAKTERISTIK INDIVIDU DALAM MEMENGARUHI NIAT KORUPSI ANGGARAN DANA DESA (Studi Kasus di Kabupaten Serang, Provinsi Banten)

KUSUMADEWI, Pradhanggi and MUTMAINAH, Siti,(27 June 2024), PENGARUH FRAUD TRIANGLE DAN KARAKTERISTIK INDIVIDU DALAM MEMENGARUHI NIAT KORUPSI ANGGARAN DANA DESA (Studi Kasus di Kabupaten Serang, Provinsi Banten). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (24kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (57kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (58kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (81kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (217kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Korupsi merupakan salah satu jenis kecurangan di Indonesia yang patut diwaspadai, karena berdasarkan data transparansi internasional pada 31 Januari 2023, Indeks Persepsi Korupsi (CPI) Indonesia pada tahun 2022 yaitu 34 mengalami penurunan paling drastis yaitu 4 poin dibandingkan CPI Indonesia. pada tahun 2021. Penurunan skor tersebut menunjukkan kurangnya dukungan dari pemangku kepentingan karena masih lambat dalam menyikapi praktik korupsi. Korupsi ternyata juga terjadi di desa, karena berdasarkan data ICW, sejak pengalokasian dana desa oleh pemerintah pada tahun 2015, tren kasus korupsi terus meningkat hingga tahun 2022. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh tekanan. , peluang, rasionalisasi, gender, dan religiusitas terhadap niat melakukan korupsi anggaran desa. Variabel independen penelitian ini adalah niat melakukan korupsi anggaran dana desa. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah tekanan, peluang, rasionalisasi, gender, dan religiositas. Metode penelitian yang dilakukan secara kuantitatif menggunakan Structural Equation Modelling-Partial Least Square (SEM-PLS), dengan menyebarkan kuesioner kepada seluruh desa di Kabupaten Serang-Banten yang berjumlah 326 desa. Data dikumpulkan melalui survei elektronik dengan tingkat respons 96,01%. Survei dilakukan dengan menggunakan google form dan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan WarpPLS versi 8.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Tekanan tidak berpengaruh terhadap niat untuk melakukan korupsi anggaran dana desa, (2) Peluang berpengaruh positif terhadap niat untuk melakukan korupsi anggaran dana desa, (3) Rasionalisasi berpengaruh positif terhadap niat untuk melakukan korupsi anggaran desa. anggaran dana desa, (4) Gender tidak berpengaruh terhadap niat untuk melakukan korupsi anggaran dana desa. dan (5) Religiositas tidak berpengaruh terhadap niat untuk melakukan korupsi anggaran dana desa.
Keywords : the intention corruption in the village fund budget, pressure, opportunity, rationalization, gender, and religiosity., niat korupsi anggaran dana desa; tekanan; peluang; rasionalisasi, gender, dan religiositas.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Pradhanggi Kusumadewi
Date Deposited: 03 Jul 2024 05:03
Last Modified: 03 Jul 2024 05:04
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14706

Actions (login required)

View Item
View Item