PENGARUH KECUKUPAN MODAL DAN KUALITAS PENERAPAN TATA KELOLA TERHADAP KINERJA KEUANGAN DENGAN LIKUIDITAS SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA BANK PERKREDITAN RAKYAT (Studi Empiris Pada BPR di Wilayah Jawa Timur)

ANDRIANI, Fetri and RAHARJA, Surya,(28 June 2024), PENGARUH KECUKUPAN MODAL DAN KUALITAS PENERAPAN TATA KELOLA TERHADAP KINERJA KEUANGAN DENGAN LIKUIDITAS SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA BANK PERKREDITAN RAKYAT (Studi Empiris Pada BPR di Wilayah Jawa Timur). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (22kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (72kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (8kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (30kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (155kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan guna mengetahui hubungan antara kecukupan modal dan penerapan tata kelola terhadap kinerja BPR dengan likuiditas sebagai variabel mediasi. Pada penelitian ini menerapkan metodologi kuantitatif, dengan data numerik yang diperoleh serta dianilisis secara statistik. Data yang digunakan adalah data sekunder yaitu Capital Adequacy Ratio (CAR), hasil penilaian penerapan tata kelola, Loan to Deposit Ratio (LDR) dan Return on Assets (ROA) BPR di Jawa Timur dalam kurun waktu Januari 2017 hingga Desember 2023. Penelitian ini menggunakan metode analisis statistik inferensial. Untuk proses analisis data menggunakan Teknik SEM (Structural Equation Modelling) PLS (Partial Least Square) dan dilakukan melalui 2 (dua) model, yaitu model pengukuran (outer model) dan model struktural (inner model). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecukupan modal berpengaruh signifikan dan searah terhadap kinerja keuangan namun kecukupan modal berpengaruh signifikan dan tidak searah terhadap likuiditas, kualitas penerapan tata kelola berpengaruh signifikan dan tidak searah dengan kinerja keuangan namun kualitas penerapan tata kelola tidak berpengaruh signifikan terhadap likuiditas BPR. Likuiditas tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan BPR serta likuiditas tidak berperan secara signifikan sebagai mediator antara kecukupan modal serta tata kelola terhadap kinerja keuangan pada Bank Perkreditan Rakyat (BPR).
Keywords : Bank Perkreditan Rakyat, Good Corporate Governance, Likuiditas, Kecukupan Modal, Penerapan Tata Kelola, Kinerja Keuangan, CAR, LDR, ROA, Bank Perkreditan Rakyat, Good Corporate Governance, Likuiditas, Kecukupan Modal, Penerapan Tata Kelola, Kinerja Keuangan, CAR, ROA, LDR.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Fetri Andriani
Date Deposited: 10 Jul 2024 02:18
Last Modified: 10 Jul 2024 02:18
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14743

Actions (login required)

View Item
View Item