PENGARUH KUALITAS LAYANAN ELEKTRONIK DAN KEPERCAYAAN DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS MELALUI KEPUASAN PENGGUNA (Studi Aplikasi SIAPkerja Kementerian Ketenagakerjaan)

IQBAL, Faizul and YUNIAWAN, Ahyar,(3 June 2024), PENGARUH KUALITAS LAYANAN ELEKTRONIK DAN KEPERCAYAAN DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS MELALUI KEPUASAN PENGGUNA (Studi Aplikasi SIAPkerja Kementerian Ketenagakerjaan). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (32kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (7kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (71kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (104kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (196kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia meluncurkan sebuah platform digital Sistem Informasi dan Aplikasi Pelayanan Ketenagakerjaan “SIAPkerja”. Sebagai platform baru, perlu untuk mengukur persepsi kualitas layanan, kepercayaan, kepuasan dan loyalitas pengguna aplikasi SIAPkerja. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menguji pengaruh langsung kualitas layanan dan kepercayaan pengguna terhadap kepuasan pengguna layanan ketenagakerjaan SIAPkerja; (2). menguji pengaruh langsung kualitas layanan dan kepercayaan pengguna terhadap loyalitas pengguna layanan ketenagakerjaan SIAPkerja; (3). menguji pengaruh langsung kepuasan pengguna terhadap loyalitas pengguna layanan ketenagakerjaan SIAPkerja; dan (4). Menguji pengaruh tidak langsung kualitas layanan dan kepercayaan pengguna terhadap loyalitas pengguna layanan ketenagakerjaan SIAPkerja melalui kepuasan pengguna. Penelitian ini melibatkan 150 pengguna layanan ketenagakerjaan SIAPkerja Kementerian Ketenagakerjaan. Data diperoleh melalui pembagian kuisioner. Pengujian hipotesis menggunakan Structural Equation Model – Partial Least Square (SEM-PLS) menggunakan SmartPLS 3. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas layanan dan kepercayaan pengguna secara langsung memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna layanan ketenagakerjaan SIAPkerja; kualitas layanan secara langsung memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pengguna. Kepercayaan pengguna secara langsung memiliki pengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap loyalitas pengguna. Kepuasan pengguna secara langsung memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pengguna. Kualitas layanan dan kepercayaan pengguna secara tidak langsung memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pengguna layanan ketenagakerjaan SIAPkerja melalui kepuasan pengguna. Dengan kata lain, kepuasan pengguna memediasi pengaruh kualitas layanan dan kepercayaan pengguna terhadap loyalitas pengguna layanan ketenagakerjaan SIAPkerja.
Keywords : Service Quality, Trust, User Satisfaction, User Loyalty, SIAPkerja, Employment Services., Kualitas Layanan, Kepercayaan, Kepuasan Pengguna, Loyalitas Pengguna, Layanan Ketenagakerjaan SIAPkerja.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Faizul Iqbal
Date Deposited: 10 Jul 2024 06:42
Last Modified: 10 Jul 2024 06:42
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14745

Actions (login required)

View Item
View Item