ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT PENGGUNAAN LINKAJA SYARIAH (Studi Kasus Generasi Z Kota Semarang)

UTAMA, Kurnia Lintang and HAYATI, Banatul,(10 July 2024), ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT PENGGUNAAN LINKAJA SYARIAH (Studi Kasus Generasi Z Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi di era digital telah berekspansi di seluruh aspek kehidupan manusia yang berkembang menjadi lebih modern, baik dalam kegiatan transaksi jual-beli ataupun hal lainnya. Perkembangan teknologi tersebut, mampu merubah mindset dan perilaku masyarakat seiring dengan kemajuan internet of things di kalangan generasi Z, dalam hal keuangan digital PT. Fintek Karya Nusantara meluncurkan platform LinkAja Syariah sebagai bentuk perkembangan sistem pembayaran. LinkAja Syariah menjadi instrumen layanan uang elektronik yang berkedudukan sebagai perluasan layanan yang terdapat di aplikasi LinkAja dengan berlandaskan prinsip-prinsip dan kaidah syariah yang bertujuan untuk mempermudah proses transaksi demi kemaslahatan ummat manusia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi minat penggunaan LinkAja Syariah di kalangan generasi Z di Kota Semarang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan data primer sebagai sumber datanya. Data yang diperoleh akan diolah menggunakan software pengolah data statistik melalui SPSS 22, dengan metode analisis regresi linier berganda yang dapat menunjukkan hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen dan mampu menganalisis faktor serta hasil analisis regresi dalam sekali pengujian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kemudahan penggunaan, persepsi kemanfaatan, kepercayaan, serta pengetahuan riba berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap niat menggunaan LinkAja Syariah. Berdasarkan hasil penelitian maka PT. FINARYA perlu meningkatkan pelayanan yang berkaitan dengan kemudahan penggunaan, kemanfaatan, kepercayaan dan pengetahuan tentang riba untuk dapat meningkatkan minat dari generasi Z terhadap penggunaan layanan LinkAja Syariah.
Keywords : LinkAja Syariah, Perceived ease of use, Perceived usefulness, trust, knowledge of riba, Interest, LinkAja Syariah, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Kemanfaatan Penggunaan, Kepercayaan, Pengetahuan dari Riba, Minat Penggunaan
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Depositing User: Kurnia Lintang Utama
Date Deposited: 22 Jul 2024 06:08
Last Modified: 22 Jul 2024 06:16
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14790

Actions (login required)

View Item
View Item