ANALISIS FINANCIAL STATEMENT FRAUD DENGAN MENGGUNAKAN BENEISH M-SCORE MODEL: PERSPEKTIF FRAUD HEXAGON THEORY (Studi Empiris terhadap Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2021-2023)

IFA, Dzikrina Fatahul Nur and RAHARJA, Surya,(16 July 2024), ANALISIS FINANCIAL STATEMENT FRAUD DENGAN MENGGUNAKAN BENEISH M-SCORE MODEL: PERSPEKTIF FRAUD HEXAGON THEORY (Studi Empiris terhadap Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2021-2023). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (68kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (45kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (42kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (79kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (179kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kecurangan laporan keuangan yang terjadi di suatu perusahaan menyebabkan banyaknya kerugian pada perusahaan yang bersangkutan ataupun bagi para investor yang menggunakan laporan keuangan dalam membuat keputusan yang akan dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh elemen kecurangan berdasarkan model Fraud Hexagon terhadap terjadinya financial statement fraud. Pada penelitian ini, digunakan model Beneish M-Score untuk mengklasifikasikan perusahaan yang terdeteksi fraud ataupun non-fraud. Populasi yang digunakan adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2021-2023. Metode purposive sampling digunakan untuk memperoleh sampel yang memenuhi kriteria yang kemudian diperoleh jumlah perusahaan yang memenuhi kriteria adalah sebanyak 139 perusahaan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi logistic. Hasil analisis menunjukkan bahwa financial stability berpengaruh positif terhadap terjadinya financial statement fraud. Di lain sisi, change of directors, political connection, ineffective monitoring, change of auditors, dan dualism position tidak berpengaruh terhadap terjadinya financial statement fraud.
Keywords : Beneish M-Score, Hexagon Fraud Theory, financial statement fraud, financial stability, change of directors, political connection, ineffective monitoring, change of auditors, dualism position., Beneish M-Score, Teori Fraud Hexagon, financial statement fraud, financial stability, change of directors, political connection, ineffective monitoring, change of auditors, dualism position.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Dzikrina Fatahul Nur Ifa
Date Deposited: 01 Aug 2024 03:57
Last Modified: 01 Aug 2024 04:01
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14846

Actions (login required)

View Item
View Item