PENGARUH STRUKTUR KEPEMILIKAN TERHADAP PENGUNGKAPAN EMISI KARBON (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Energi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2021-2023)

SALSABILA, Rebbina and PRASTIWI, Andri,(23 July 2024), PENGARUH STRUKTUR KEPEMILIKAN TERHADAP PENGUNGKAPAN EMISI KARBON (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Energi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2021-2023). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (89kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (97kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (76kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (118kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (127kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perusahaan sebagai salah satu kontributor utama penghasil emisi karbon dituntut agar turut serta dalam mewujudkan komitmen pada lingkungan yang berkelanjutan. Struktur kepemilikan berfungsi sebagai mekanisme pengawasan yang efektif dalam mendorong manajemen untuk mengungkapkan informasi emisi karbon perusahaan. Dengan adanya pengungkapan yang optimal, maka asimetri informasi antara manajemen (agen) dan pemegang saham (prinsipal) dapat diminimalisir sehingga permasalahan agensi akan berkurang. Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh struktur kepemilikan institusional, manajerial, asing, keluarga dan pemerintah terhadap pengungkapan emisi karbon. Penelitian ini menggunakan metode dokumentasi yang memanfaatkan laporan tahunan dan laporan keberlanjutan perusahaan sektor energi yang terdaftar di BEI periode 2021-2023. Berdasarkan teknik purposive sampling, didapatkan sampel dengan total 93 observasi dan dianalisis menggunakan regresi linear berganda. Untuk mendapatkan model empiris yang lebih baik, dimasukkan variabel kontrol berupa ukuran perusahaan, profitabilitas, dan independensi dewan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemilikan asing dan kepemilikan pemerintah memiliki pengaruh positif signifikan terhadap pengungkapan emisi karbon. Hal ini menunjukkan bahwa keberadaan pihak asing dan pemerintah dalam suatu perusahaan terbukti mampu mendorong pengungkapan informasi emisi karbon melalui pengawasan yang optimal. Sedangkan komponen lainnya berupa kepemilikan institusional, manajerial, serta keluarga tidak memiliki pengaruh yang signifikan. Temuan ini menunjukkan pentingnya peran dan pengawasan dari struktur kepemilikan terhadap pengungkapan emisi karbon.
Keywords : ownership structure, carbon emission disclosure, agency theory., struktur kepemilikan, pengungkapan emisi karbon, teori agensi.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Rebbina Salsabila
Date Deposited: 02 Aug 2024 06:12
Last Modified: 02 Aug 2024 06:12
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/14859

Actions (login required)

View Item
View Item